Nasional

Mayjen (Purn) TNI Christian Zebua Tegaskan Berita di Republikin.com Hoax

Oleh : luska - Minggu, 12/11/2017 12:18 WIB

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Papua Mayjen (Purn) TNI Christian Zebua.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Mantan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Papua Mayjen (Purn) TNI Christian Zebua dengan tegas membantah bahwa dirinya tidak pernah mengatakan bahwa dirinya tahu siapa pemasok senjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua, seperti yang diberitakan oleh sebuah media online, yakni Republikin.com.

Akibat pemberitaan yang tidak benar di Republikin.com dirinya mengaku terusik dengan pemberitaan yang tidak benar tersebut. Padahal, menurut Christian, dirinya tidak pernah mengatakan seperti itu.

Christian menyatakan bahwa setelah pensiun dari kemiliteran, dirinya tidak lagi berhak menyampaikan pernyataan-pernyataan seperti yang dilansir media online tersebut Republikin.com.

“Saya sudah sampaikan secara lisan kepada pihak Pusat Penerangan TNI bahwa berita itu tidak benar alias hoaks. Tolong bantu sampaikan kepada masyarakat terkait klarifikasi saya ini,” ujar Christian kepada wartawan di Jakarta.

Berikut klarifikasinya seperti diterima :

SURAT KLARIFIKASI

Terkait berita yang diposting di laman Republikin.com dengan judul “Ketika Jenderal Tahu Siapa Pemasok Senjata OPM & Kenapa Peluru OPM Tak Pernah Habis” (https://goo.gl/kRbzqo) Jumat, 10 November 2017, di mana nama saya, Mayjen TNI (Purn) Christian Zebua, mantan Panglima Kodam/XVII Cenderawasih, Papua, disebut-sebut, berikut ini saya sampaikan klarifikasi:

Saya tidak pernah memberikan pernyataan seperti yang dikutip oleh website Republikin.com ini sehingga saya sangat keberatan dengan pemuatan berita seperti ini.
Saya tidak pernah memberi pernyataan seperti yang diberitakan oleh Antara Papua seperti rujukan yang dikutip Republikin.com. Apa yang ditulis dalam berita yang dimuat Antarapapua.com pada 20 September 2014 ini adalah bukan pernyataaan saya yang utuh dan telah mengutip omongan saya secara sepotong-sepotong.
Kepada pengelola media online Republikin.com dan Antarapapua.com agar segera memuat klarifikasi saya ini.
Karena sudah pensiun dari kedinasan militer, saya tidak ada hak lagi untuk memberikan pernyataan apa pun terkait dinas dengan mengatasnamakan instansi. Oleh karena itu, saya menyatakan bahwa berita apa pun yang disampaikan siapa pun dengan mencatut nama saya dan menyebarkannya kepada khalayak adalah hoaks.
Kepada semua masyarakat saya mohon agar tidak begitu saja percaya atas setiap berita hoaks yang diberitakan oleh pihak mana pun, termasuk di media sosial.
Jakarta, 11 November 2017

Mayjen (Purn) TNI Christian Zebua

Surat klarifikasi ini juga dikirimkan kepada:

Pengelola media Republikin.com
Pengelola media Antara.com
Dewan Pers
Kapuspen TNI

Artikel Terkait