Nasional

Diduga Belum Tuntas Pembayaran Ganti Rugi, Ratusan Warga Papua Blokade Bandara Oksibil

Oleh : hendro - Sabtu, 18/11/2017 19:14 WIB

Ratusan warga blokade Bandara Oksibil Papua (istimewa)

Papua, INDONEWS.ID – Diduga akibat belum tuntasnya  tuntutan pembayaran ganti rugi bandara, sekitar 500 an warga memblokade Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada Sabtu (18/11/2017) sejak pukul 06.00 WIT sehingga menyebabkan  aktivitas penerbangan lumpuh.

Berdasarkan informasi yang dihimpun berbagai sumber, aksi warga yang memblokade Bandar Oksibil itu dilakukan dengan cara  membakar ban bekas di sekitar bandara dan membentangkan batang batang pohon hingga menyebabkan aktifitas bandara lumpuh total.

Menurut Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Juliarman, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendekatan persuasif terhadap  warga yang melakukan blokade.

“Kita belum tahu sampai kapan ini terjadi, yang jelas pihak kepolisian telah melakukan pendekatan terhadap masyarakat yang melakukan blokade, agar aksi tersebut bisa segera berakhir,” ujar Juliarman.

Juliarman mengaku, semula aparat TNI dan Polri bersama anggota DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang Maria Dilam serta pihak otoritas bandara berhasil melakukan mediasi,  dengan membuka bandara hingga pukul 15.00 waktu setempat.

“Namun  sekitar pukul 10.00 WIT, tiba-ada tiba 30 orang membawa membawa busur dan anak panah bergabung dengan warga. Hingga akhirnya kami putuskan bandara di tutup,” ucapnya.

Atas peristiwa ini, Juliarman menegaskan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan ini, hingga bandara bisa kembali beroperasional. (hdr)

 

Artikel Terkait