Bisnis

Alumni Jerman Siap Bantu Pemerintah Genjot Pembangunan Indonesia Timur

Oleh : very - Minggu, 19/11/2017 23:13 WIB

Ketua Umum Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ), Osco Olfriady Letunggamu di Jakarta, Jumat (17/11/2017). (Foto: Okezone.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo tengah gencar meningkatkan pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa, khususnya di Indonesia bagian timur.

Langkah Jokowi tersebut ternyata mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ).

Ketua Umum Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ), Osco Olfriady Letunggamu mengatakan siap membantu pemerintah dalam menggenjot pembangunan di Indonesia bagian timur. Karena itu, menurut Osco, pihaknya akan sowan kepada pemerintah dalam waktu dekat.

"Infrastruktur kita mempunyai jaringan yang luar biasa, artinya kita punya jaringan sampai di Jerman. Para pelaku teknik dan industri, kita ingin mengundang untuk hadir masuk dan investasi di Indonesia. PAJ akan menjadi wadah untuk investasi Jerman masuk di Indonesia," kata Osco dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017).

Osco mengatakan, langkah Presiden Jokowi dalam meningkatkan infrastruktur di wilayah Indonesia bagian timur sudah tepat. Osco menegaskan, pembangunan di Indonesia harus dipercepat untuk meningkatkan pemerataan.

Dia mengatakan, jika pembangunan di wilayah Indonesia bagian timur sudah sama dengan pulau Jawa, maka kebutuhan sandang pangan yang tersedia di pasaran juga akan stabil dan bisa terkendali.

"Rumusnya gampang, dengan pembangunan infrastruktur, maka pertumbuhan ekonomi akan berjalan secara paralel. Pembangunan merupakan sebuah tools yang sangat terlihat sekali untuk masyarakat di Indonesia bagian timur," kata Osco.

Berbekal jaringan di luar negeri yang dimiliki, Osco mengatakan, pihaknya akan mengajak investor untuk berusaha di dalam negeri.

"Kita membangun network untuk bersama-sama kita bergabung, kita melihat pembangunan di mana dan kurang investasi, mungkin salah satu kita mempunyai link dari luar negeri untuk masukan modal ke dalam negeri untuk mendorong pembangunan di daerah," kata Osco.

Sebelumnya, Humas PAJ  Erlinda mengatakan, acara tersebut sekaligus menjadi ajang memperkenalkan kepengurusan baru PAJ. Kepengurusan baru tersebut merupakan hasil Kongres VIII Perhimpunan Alumni Jerman PAJ.

Dalam kongres itu, Osco Olfriady Letunggamu terpilih sebagai Ketua PAJ periode 2017-2020.

“Osco Olfriady Letunggamu merupakan Ketua Umum termuda selama sejarah PAJ dengan umur 34 tahun,” ujar Erlinda, yang juga Komisioner KPAI Periode 2014 - 2017 ini.

Osco adalah mantan Ketua Indonesian Diaspora Network di Australia. “Sosok muda cerah penerus bangsa, mempunyai visi dan misi yang membangun bangsa dan negara,” tambah Erlinda.

Ketua Indonesia Child Protection Watch ini mengatakan, PAJ merupakan wadah perhimpunan Anak Indonesia yang pernah sekolah dan tinggal di Jerman.

Dalam acara itu juga diperkenalkan sejumlah agenda dan program unggulan PAJ di antaranya, pendidikan, atau sekolah di Jerman; Pemberdayaan Kemanusiaan remaja yang terjebak narkoba, paham Radikal dan korban kekerasan; Tenaga Kerja Indonesia di bidang Keperawatan; dan Climate change, dampak perubahan iklim.

Selain itu, program kesehatan, yaitu terkait peran dokter alumni Jerman untuk sharing know how kepada dokter di daerah-daerah terpencil di Indonesia; Transfer teknologi; UKM, yaitu memperkenalkan serta mengarakhkan kualitas hasil UKM Indonesia untuk dijual ke Jerman dan sebaliknya; serta Business matching yaitu memberikan soft skill tentang dunia usaha termasuk peluang di Eropa. (Very)

 

Artikel Terkait