Nasional

Ketua MPR : Setnov Harus Berikan Contoh yang Baik

Oleh : luska - Senin, 20/11/2017 09:07 WIB

Ketua MPR Zulkifli Hasan (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua MPR, Zulkifli Hasan berpesan Petinggi Partai Golkar Setya Novanto sebaiknya mematuhi proses hukum, dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Novanto harus mematuhi proses hukum yang ada, apalagi sebagai pemimpin institusi negara, Setnov harus memberi contoh baik ke publik." pesan Zulkifli di Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2017).

Dijelaskan Zulkifli, Satu di antaranya dengan mematuhi proses hukum di KPK tanpa kabur-kaburan saat akan diperiksa.

Menurutnya patuhnya Setnov dengan proses hukum, praktis menyelamatkan kehormatan lembaga negara. Karena dia beranggapan, dalam kasus dugaan korupsi E-KTP, memunculkan citra negatif ke DPR.

"Yang paling penting lagi, mari kita jaga kehormatan lembaga negara. Lembaga negara itu simbol. Kalau lembaga negara rusak citranya, apakah MK (Mahkamah Konstitusi), DPR, dan lain-lain, tentu menganggu ketahanan nasional. Jadi kita jaga bersama-sama," ungkap dia.

Ketua DPR Setya Novanto sudah kali ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP. Namun pada penetapan yang pertama, dia lolos dari status tersangka lantaran mengajukan praperadilan.

Kemudian pasca ditetapkan sebagai tersangka untuk yang kedua kalinya, Setnov sedianya mendatangi Gedung KPK, untuk diperiksa atas kasus dugaan korupsi E-KTP. Dalam perjalanan menuju KPK, justru mengalami kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan ini yang mengakibatkan Setnov luka memar bagian kepalanya, dia sempat dirawat di rumah sakit. Namun tidak sedikit pihak yang ragu atas kecelakaan Setnov. (Lka)

Artikel Terkait