Nasional

Wujudkan Top 3 Penyelenggara Layanan Satelit di Asia, Melalui Telin, Telkom Akuisisi Saham TSGN

Oleh : luska - Sabtu, 25/11/2017 20:47 WIB

Melalui Telin, Telkom Akuisisi Saham TSGN

Jakarta, INDONEWS.ID - Telkom Indonesia (Telkom) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) telah menyepakati pembelian mayoritas saham perusahaan satelit asal Malaysia bernama TS Global Network Sdn Bhd (TSGN).

Pembelian saham koorperasi ini merupakan berwujudan Telkom Group untuk menjadi pemain utama dalam bisnis satelit, sejalan dengan tujuan strategis perusahaan untuk menjadi top 3 penyelenggara layanan satelit di Asia. 

Direktur Utama Telin Faizal R. Djoemadi menjelaskan dalam bisnis satelit yang tak mengenal batas negara, Telin membutuhkan mitra yang berpengalaman dan telah existing di pasar regional.

Oleh karena itu, lanjutnya, bersama TSGN, peluang memperluas pasar satelit komunikasi akan terbuka lebar, baik di Malaysia maupun kawasan regional lainnya.

"Akuisisi TSGN juga sejalan dengan visi Telin untuk menjadi Global Digital Hub. Aksi korporasi ini juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi Telin dalam hal akses ke enterprise market regional, khususnya Malaysia, Brunei dan Myanmar," ujar Faizal usai melakukan penandatanganan di Malaysia, Jumat (24/11/2017).

" TELKOM (induk perusahaan TELIN) ingin menjadi pemain biz satelit ke 3 terbesar di Asia. Makanya harus ekspansi ke luar negri via TELIN anak perusahaan TELKOM 100% yg khusus mengelola biz di LN Telkom," jelas Direktur Utama Telin Faizal R. Djoemadi saat dikonfirmasi Indonews.id melalui pesan singkatnya, Sabtu (25/11/2017).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief menuturkan bahwa sinergi dengan TSGN adalah sebuah langkah strategis untuk pengembangan pasar satelit di kawasan Asia Pasifik.

Perusahaan Malaysia ini sebagai penyedia dominan layanan komunikasi satelit ini merupakan perusahaan penyedia layanan VSAT terbesar di Malaysia yang memiliki pelanggan korporasi dari berbagai industri seperti perkebunan, pertambangan, pemerintahan dan perbankan, disamping juga TSGN memiliki perusahaan afiliasi di Brunei dan Myanmar.

Pemindahan kepemilikan mayoritas TSGN kepada Telin ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat yang dilakukan oleh Direktur Utama Telin Faizal R. Djoemadi, CEO TSGN Kent Ho, dan para pemegang saham TSGN, disaksikan oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief dan Chairman ofd TSGN Datuk Hod Parman, di Cyberjaya, Malaysia. (Lka)

Artikel Terkait