Nasional

BMKG: Siklon Cempaka Reda, Siklon Dahlia Muncul

Oleh : hendro - Rabu, 29/11/2017 23:08 WIB

Kepala BMKG, Prof. Dr. Dwikorita Karnawati, M. Sc saat memberikan keterangan pers, Rabu (29/11/2017)sore

Jakarta, INDONEWS.ID- Setelah sempat menerjang di wilayah selatan pulau jawa,  Siklon tropis baru yang bernama Dahlia muncul di sekitar perairan selatan Bengkulu.

Berdasarkan pengamatan BMKG, bibit siklon tropis ini mulai mengalami peningkatan kekuatan menjadi siklon tropis pada pukul 19.00 WIB.

"Sikon tropis baru ini terbentuk di 470 km sebelah Selatan Bengkulu (8.2 LS dan 100.8 BT). Siklon ini bergerak ke arah Tenggara menjauhi wilayah Indonesia," tulis BMKG dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/11/2017) malam.

Selain itu, Siklon dengan kecepatan 2 knot ini akan meningkatkan hujan lebat, tinggi gelombang laut, angin kencang, dan potensi kilat/ petir di beberapa wilayah di Indonesia.

Wilayah yang diperkirakan akan terdampak siklon ini adalah pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian Selatan.

Sementara itu sebelumnya, siklon tropis Cempaka di Selatan Jawa telah melemah menjadi Depresi Tropis (eks-Cempaka).

"Siklon ini telah bergerak ke arah Barat Daya menjauhi perairan Indonesia," jelas Kepala BMKG, Prof. Dr. Dwikorita Karnawati, M. Sc saat memberikan keterangan pers, Rabu sore.

Eks-siklon tropis Cempaka ini akan menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di selatan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok.

Siklon ini juga menyebabkan potensi angin kencang hingga 20 knots (36 km/jam) di wilayah Selatan Jawa. Sedangkan untuk wilayah perairan, eks siklon ini akan menyebabkan gelombang tinggi 2,5-4 meter. Gelombang tinggi ini akan terjadi di perairan Selatan Banten hingga Selatan Jawa Tengah, dan selatan Samudera Hindia.(hdr)

Artikel Terkait