Nasional

Resmi Jabat Dirjen Pajak, Berikut Program Kerja Jangka Pendek dan Panjang Robert Pakpahan

Oleh : luska - Jum'at, 01/12/2017 10:45 WIB

Pelantikan Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi melantik Robert Pakpahan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak. Robert menggantikan Ken Dwijugiasteadi yang telah memasuk masa pensiun per 1 Desember 2017.

Usai pelantikan Robert mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas kepercayaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati atas jabatan Dirjen Pajak.

"Saya berterima kasih untuk kepercayaan yang diberikan Presiden dan Menteri Keuangan. Ini amanat yang penuh tantangan, saya akan lakukan sebaik-baiknya. Arahan Bu Menteri Keuangan banyak arahan yang spesifik," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (30/11/2017) malam.

Dalam kerjanya nanti, Robert terlebih dulu akan fokus menggenjot penerimaan negara melalui pajak hingga akhir 2017.

Dijelaskan Robert, untuk jangka pendek, di sisa tahun 2017, pihaknya akan melakukan mengamankan penerimaan pajak sebaik mungkin.

Sedangkan untuk tahun mendatang, lanjut Robert, dirinya akan membangun sistem perpajakan lebih kredibel dan transparan.

"Tahun depannya, arahan Bu Menteri sangat jelas, yang akan kami bangun secara umum adalah membangun sistem perpajakan yang lebih kredibel. Supaya patuh kepada pajak itu seyogyanya tidak terlalu sulit dan pengawasan lebih transparan. Kami akan coba lihat program yang sudah ada dan mana bisnis proses yang harus diperbaiki. Maka baik wajib pajak khususnya lebih patuh," jelas dia.

Selain itu, Robert juga akan meningkatkan kualitas pelayanan pajak bagi masyarakat. Juga memperbaiki sistem informasi perpajakan yang sudah ada selama ini. Sistem informasi sangat sentral di dalam keberhasilan pemungutan pajak karena jumlah wajib pajak yang banyak dan informasi yang banyak, maka banyak yang harus dikerjakan. (Lka)

Artikel Terkait