Pojok Istana

Hadapi Cuaca Ekstrem, Presiden Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Oleh : very - Sabtu, 02/12/2017 22:33 WIB

Presiden Jokowi usai meresmikan stadion renang (aquatic) Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (2/12/2017). (Foto: Biro Pers Istana)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait dengan cuaca ekstrem yang sedang terjadi di sejumlah wilayah. Imbauan tersebut disampaikannya usai meresmikan stadion renang (aquatic) Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (2/12/2017).

"Tingkatkan kewaspadaan karena cuacanya ekstrem. Hujan lebat, angin kencang, dan juga ada gelombang tinggi, semuanya hati-hati," ujar Presiden seperti dikutip dari Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden.

Selain mengimbau masyarakat, Kepala Negara juga meminta kesiagaan tinggi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas dan jajaran terkait lainnya baik di pusat maupun daerah untuk segera mengantisipasi kondisi ini.

"Waspada dan bantu masyarakat apabila ada bencana, secepatnya!" tuturnya.

Selain itu, Presiden mengingatkan agar antisipasi dilakukan sedini mungkin untuk mencegah produksi bahan pangan dan jalur distribusi logistik menjadi terputus.

“Produksi pangan sampai sekarang belum ada masalah tapi ini sudah bulan Desember, masih ada Bulan Januari dan juga jalur-jalur logistik jangan sampai putus, betul-betul diantisipasi dan diwaspadai,” ujar Presiden.

Sebelumnya, dalam siaran pers beberapa hari lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut kemunculan siklon tropis Dahlia mengakibatkan peningkatan hujan lebat, gelombang tinggi, dan angin kencang di beberapa wilayah. (Very)

Artikel Terkait