Pojok Istana

Presiden Jokowi Kecam Keputusan Trump Soal Yerusalem

Oleh : very - Kamis, 07/12/2017 11:47 WIB

Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada penyerahan DIPA di Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12). (Foto: Setkab.go.id)

Bogor, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Karena itu, Presiden Jokowi meminta Amerika Serikat untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut. 

“Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB dimana Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya. Ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia,” ujar Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, seperti dikutip dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan, dirinya dan rakyat Indonesia tetap konsisten untuk  terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Karena itu, dalam beberapa hari ini,  Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI agar OKI segera mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini pada kesempatan pertama. Selain itu, juga meminta PBB untuk segera bersidang serta menyikapi pengakuan sepihak Amerika Serikat.

“Saya memerintahkan Menteri Luar Negeri untuk memanggil Duta Besar Amerika Serikat untuk langsung menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia,” ujar Presiden. (Very)

 


Artikel Terkait