Bisnis

PNM Gelar Pelatihan Pengolahan Produk Turunan Pepaya California

Oleh : very - Rabu, 13/12/2017 20:48 WIB

Peserta dalam kegiatan pelatihan pengolahan produk turunan dari Pepaya California ini digelar di Pekon Banjar Masin, pada Rabu (13/12). (Foto: Ist)

Bandar Lampung, INDONEWS.ID - Dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha petani Pepaya California di wilayah Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM membentuk klasterisasi usaha “Pepaya California dan Produk Olahan Turunannya” yang diperuntukan bagi 80 nasabah produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). Klaterisasi usaha yang dibuka dengan kegiatan pelatihan pengolahan produk turunan dari Pepaya California ini digelar di Pekon Banjar Masin, pada Rabu (13/12).

Direktur Bisnis II PNM, Bambang Siswaji, mengatakan, kurangnya inovasi produk menjadi masalah bagi para petani Pepaya California. “Ketika masa panen, hasil prosuksi berlimpah berakibat pada turunnya harga jual, penurunan kualitas buah hingga serangan hama lalat yang merusak kulit buah. Melalui program klasterisasi ini, PNM berfokus memberikan pelatihan dan pendampingan dalam mengelola buah pepaya california menjadi beragam produk olahan yang awet dan tahan lama, sehingga dapat menjadi peluang usaha yang akan meningkatkan keuntungan para petani,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero), YR Wijayandaru.

Program klasterisasi usaha, katanya, akan dijalakan selama 5 bulan, dengan memberikan pelatihan secara berkala.

“Selain berfokus pada inovasi produk turunan, PNM turut memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas buah Pepaya California. Petani dibimbing untuk dapat memilih bibit berkualitas, cara perawatan, pemupukan dan pengobatan pepaya. Manajemen pertanian buah pepaya pun diberikan agar petani dapat membangun sistem pertanian yang efisien,” tambah Bambang Siswaji.

Kegiatan pelatihan menghadirkan Dr.Ir.Hi.Sandi Asmara, M.Si Dosen Teknik Pertanian Universitas Lampung yang mengajarkan tentang teknik berbudidaya pepaya dari awal, cara penanganan hama dan penyakit tanaman sampai dengan menghasilkan buah pepaya dengan kualitas yang baik.

PNM memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, dengan disertai program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang memberikan pendampingan, pembinaan dan pelatihan usaha berdasar pada kebutuhan nasabah PNM.

 

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Program lainnya yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), yang merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Saat ini PNM memiliki 1.887 kantor layanan, yang terdiri dari 63 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.193 kantor cabang Mekaar. (Adv)

Artikel Terkait