Bisnis

PP, BNI, PELINDO 1 Berhasil Menjadi MARKET DISRUPTOR

Oleh : hendro - Kamis, 14/12/2017 12:10 WIB

Para pimpinan BUMN yang menerima penghargaan

Jakarta, INDONEWS.ID-  Ajang BUMN Branding & Marketing Award 2017 yang mengambil tema ‘To Handle Disruption’ memutuskan PT Pelindo 1 sebagai The Best Branding BUMN dan PT Bank Negara Indonesia Tbk sebagai The Best Marketing BUMN. Sementara kategori anak perusahaan, PT Indonesia Kendaraan Terminal dinobatkan sebagai The Best Branding dan PT Kereta Commuter Indonesia sebagai The Best Marketing. Keempat perusahaan tersebut dinilai memiliki kinerja gemilang yang mengungguli peserta lainnya. 

Pada kategori CMO BUMN Terbaik, nama Bambang Eka Cahyana yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelindo 1 terpilih sebagai The Best CMO Branding & Marketing Leadership. Selanjutnya, The Best CMO Creative Branding & Marketing Initiative diraih oleh Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini, The Best CMO Personal Communication dinobatkan kepada Direktur Pemasaran & Pelayanan AP 1 Mochammad Asrori. Sementara itu, kategori The Best CMO Corporate Branding Performance diraih oleh Direktur Utama PT  Pelindo III IG.N. Askhara Dhanadiputra dan The Best CMO Digital Branding & Marketing Initiative jatuh ke tangan Tumiyana, Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan, Tbk.

Para direksi pemenang merupakan sosok yang dinilai mumpuni dalam mengelola dan memperkuat posisi perusahaan, baik dari segi branding maupun marketing, sehingga menghasilkan reputasi positif bagi perusahaannya.  “Di tengah era disrupsi dan digitalisasi yang penuh ketidakpastian dibutuhkan pemimpin yang cakap dalam hal strategi maupun implementasi. Nah, para pemenang ini telah mampu memberikan arahan yang tepat bagi perusahaannya,” kata CEO BUMN Track S.H Sutarto pada acara penganugerahan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Proses penjurian berlangsung dua tahap, yakni seleksi dokumentasi kuesioner dan wawancara. Pemimpin Redaksi BUMN Track Akhmad Kusaeni mengatakan, terdapat peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan pada tahun ini. Dari 103 peserta, sebanyak 70 perusahaan yang terdiri dari 40 BUMN dan 30 Anak Perusahaan BUMN lolos penjurian tahap kedua untuk melakukan wawancara dan pendalaman materi di hadapan dewan juri. “Sebanyak 16 CEO atau Dirut melakukan presentasi, 26 Direktur Marketing, selebihnya diwakilkan pejabat selevel Vice President, Corporate Secretary dan General Manager. Ini menunjukkan antusiasme dan keseriusan peserta dalam mengikuti ajang ini. Kita patut mengapreasiasi kinerja mereka,” ungkap Akhmad Kusaeni.

Selain memberikan apresiasi kepada BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul dari sisi branding dan marketing, BUMN Branding & Marketing Award 2017 yang diselenggarakan majalah BUMN Track didukung Rumah Perubahan dan Arrbey Consulting ini juga bertujuan untuk mengukur daya saing para pelaku Branding dan Marketing BUMN untuk bertukar ide, pemikiran, pengalaman dan inspirasi antar BUMN dan anak perusahaan BUMN,  sekaligus menjadi aspirasi dan motivasi serta membangun sinergi BUMN yang lebih baik.

Kredibilitas para tokoh dewan juri tidak diragukan, dengan diketuai oleh Prof. Rhenald Kasali sebagai pendiri Rumah Perubahan didukung anggota dewan juri yang antara lain terdiri dari Dr. Handito Joewono, Chief Strategy Consultant Arrbey; Daniel Surya, CEO WIR Group; Prof. Agus W. Soehadi, Dekan Universitas Prasetiya Mulya; Prof. Dr. Budi Haryono, MM, Guru Besar Universitas Kristen Krida Wacana; Agus Nurudin, Managing Director The Nielson Company Indonesia; serta Piotr Jakubowski, Chief Marketing Officer  PT. GO-JEK Indonesia. 

Berdasarkan kredibilitas dan integritas tersebut, hasil BUMN Branding dan Marketing Award bisa menjadi refleksi bagi pengelolaan BUMN ke depan yang lebih agresif, kreatif dan inovatif khususnya dalam menyiasati era disrupsi.(hdr)

Artikel Terkait