Nasional

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem Jelang Malam Natal dan Tahun Baru

Oleh : hendro - Senin, 18/12/2017 15:46 WIB

Kepala BMKG, Prof. Dr. Dwikorita Karnawati, M. Sc

Jakarta, INDONEWS.ID – Bagi warga Indonesia diminta untuk waspada, pasalnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 di Indonesia.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, hujan lebat berpotensi terjadi  karena suplai massa udara lembab dari Asia sangat intensif.

"Jadi, karena itulah penyebab utama tingginya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia tersebut," kata Dwikorita dalam jumpa persnya di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Dwikorita menjelaskan, selain potensi hujan lebat,  potensi angin kencang 20 Knot juga berpotensi terjadi pada wilayah di Indonesia meliputi laut Cina Selatan, laut Natuna, laut Jawa, laut Banda, Samudera Hindia Selatan, Jawa Tengah-NTB.

"Jadi, kami mengimbau kepada masyarakat agar waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah yang berpotensi hujan lebat terutama daerah rawan banjir dan longsor," ujarnya.

Dwikorita merinci, ada beberapa wilayah di Indonesia yang akan terkena hujan lebat menjelang Natal seperti  Aceh bagian barat, pesisir selatan Sumatera, Banten, pesisir Utara Jawa, Sulawesi Selatan, NTB dan sebagain NTT.

Sedangkan untuk hujan lebat periode Natal, kata Dwikorita mengatakan, pesisir selatan Sumatera Utara dan barat, NTB, NTT, Sulawesi Tengah dan Papua bagian tengah.

"Sedangkan hujan lebat menjelang tahun baru 2018, terjadi di wilayah pesisir utara Jawa, Jateng, Jatim, Kaltara, Sulteng, NTT. Dan hujan lebat pada awal tahun terjadi di wilayah, Aceh, pesisir barat Sumatera, Jateng, Yogyakarta, Kaltim, Kaltara, Sulteng, NTT," katanya.(hdr)

Artikel Terkait