Pojok Istana

RSUD Nabire Siap Layani Warga di Enam Kabupaten Papua

Oleh : hendro - Kamis, 21/12/2017 14:03 WIB

Presiden Jokowi saat meresmikan RSUD di Nabire

Nabire, INDONEWS.ID- Peninjauan Poliklinik Spesialis BLU RSUD Nabire mengawali hari ketiga kunjungan kerja Presiden ke enam provinsi, Kamis 21 Desember 2017.

Tiba di poliklinik pukul 09.45 WIT, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung meninjau ruangan yang ada di poliklinik tersebut. 

Kehadiran Presiden dan Ibu Iriana mendapat sambutan hangat warga yang tengah berada di rumah sakit tersebut. Tampak Presiden dan Ibu Iriana bersalaman dan juga berswafoto dengan warga.

RSUD Nabire yang terletak di Kelurahan Siriwini, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua merupakan rumah sakit tipe C.

“Rumah sakitnya juga bersih. Ini adalah tipe C,” ucap Presiden kepada wartawan.

Lebih lanjut Presiden mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan meningkatkan status RSUD Nabire tersebut dari tipe C menjadi tipe B.

“Nanti tahun depan disiapkan juga dana dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp48 miliar lagi untuk menaikkan dari tipe C ke B. Untuk membeli peralatan kesehatan juga ada tambahan Rp22 miliar dari pemerintah provinsi. Juga melengkapi yang belum, ada tambahan dari pemerintah kabupaten,” ujar Kepala Negara. Seperti dikutip dari biro pers kepresidenan.

RSUD Nabire ini merupakan rumah sakit yang dibangun bersama antara Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Nabire dan Kementerian Kesehatan.

“Nanti daerah di sekitar Nabire, ada 6 kabupaten yang bisa ikut menikmati pelayanan di RSUD,” kata Presiden. 

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam peninjauan poliklinik ini, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Setelah berada Di RSUD Nabire selama 30 menit, Presiden dan Ibu Iriana melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Nabire. Di sini, Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelabuhan tersebut.

Sementara itu dalam kunjungannya di Papua, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat dengan menggunakan pesawat CN-295 milik TNI AU. 

Setibanya di Bandar Udara Marinda, Kabupaten Raja Ampat, Presiden akan meninjau pembangunan bandara tersebut.

Presiden dan Ibu Iriana akan bermalam di Kabupaten Raja Ampat dan esok harinya menghadiri Peringatan Hari Ibu.

Artikel Terkait