Pojok Istana

Hari Ibu, Presiden Jokowi: Ini Peringatan untuk Mama-mama Papua Juga

Oleh : very - Jum'at, 22/12/2017 16:13 WIB

Presiden Jokowi bersama para menteri perempuan Kabinet Kerja pada Puncak Peringatan Hari Ibu ke-89 , di Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12) pagi. (Foto: Setkab.go.id)

 

Raja Ampat, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa peringatan Hari Ibu Nasional juga memperingati Hari Mama-Mama Papua, karena Mama-Mama Papua juga perempuan Indonesia, karena Papua juga Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Puncak Peringatan Hari Ibu Nasional, yang diselenggarakan di Pantai Waisai Torang Cinta Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12) pagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat “Hari Ibu Nasional yang ke-89 Tahun 2017 ini yang mengambil tema, “Perempuan Berdaya Indonesia Jaya”.

“Jadilah Ibu Bangsa Wahai Perempuan Indonesia. Selamat Hari Ibu,” kata Presiden.

Presiden mengatakan perayaan Hari Ibu di Indonesia sangat istimewa karena merupakan peringatan jasa perempuan bagi bangsa dan negara yang telah turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia.

“Perempuan Indonesia harus semakin berdaya. Untuk itu saya menyambut baik tema Hari Ibu ini, Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya,” ujar Presiden Jokowi.

Menteri-Menteri Perempuan

Dalam acara yang dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu, Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa  Kabinet Kerja telah memberikan porsi besar kepada perempuan dengan menempatkan sembilan menteri wanita, sehingga menjadikan  Indonesia sebagai salah satu negara di dunia dengan menteri perempuan terbanyak.

Presiden pun membeberkan sejumlah keberhasilan yang dilakukan para menteri perempuan.

Di bidang pembangunan manusia dan budaya misalnya, Menko Bidang PMK Puan Maharani berhasil membangun manusia dan budaya Indonesia. Selain itu, keberhasilan di bidang diplomasi, yang selama ini juga dipimpin menteri perempuan, Retno Marsudi.

“Lalu di bidang keuangan Sri Mulyani, di bidang kelautan dan perikanan menterinya serem ini, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti,” kata Presiden.

Presiden juga menyebut keberhasilan Menteri Siti Nurbaya yang bisa menekan dan mengurangi kebakaran hutan di Indonesia.

Menteri lain yang juga disebut Presiden Jokowi yaitu Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Ibu Nila F Moeloek, dan Menteri sosial Khofifah Indar Parawansa.

“Lalu ada menteri PP dan PA dari Papua yaitu Mama Yo, Prof Yohana Yembise dari Papua,” ujar Presiden Jokowi. (Very)

 

Artikel Terkait