Nasional

PKS, Gerindra dan PAN Sepakat Koalisi Pada Pilkada di 5 Provinsi

Oleh : hendro - Senin, 25/12/2017 08:37 WIB

Para petinggi Partai PKS, Gerindra dan PAN

Jakarta, INDONEWS.ID-  Pertemuan petinggi  tiga partai  politik yakni Gerindra, PKS dan PAN di kantor DPP PKS, Jalan T.B. Simatupang, Minggu (24/12/2017) malam menghasilkan kesepakatan penting untuk pilkada di lima provinsi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara.

Menurut Presiden PKS Sohibul, partainya bersama Gerindra dan PAN membahas banyak persoalan. Baik masalah nasional maupun pilkada. ”Kami bertiga sepakat akan terus menjaga kebersamaan dalam event politik,” katanya.

Menurut Sohibul, ketiga partai akan bersama-sama di lima provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara.

Terkait dengan pilgub Jatim, Sohibul mengatakan, pihaknya sepakat untuk menunda pembahasan. Menurut dia, saat ini ada dua calon yang muncul, yaitu Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa. Apakah pihaknya memilih salah satu di antara keduanya atau membentuk poros baru, hal itu belum diputuskan. Calon untuk Jatim masih terus dibahas.

Di Tempat yang sama, hal senada juga dikatakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Dirinya menambahkan, partainya terus menyaring nama-nama yang akan diusung di pilgub Jatim. ”Peran partai adalah menyaring, setelah itu diserahkan kepada rakyat untuk dipilih. Itu yang kami kerjakan sekarang,” tutur dia seusai pertemuan.

Prabowo menambahkan, terkait dengan munculnya nama Moreno Soeprapto sebagai cagub Jatim, pihaknya masih akan mempelajarinya. Dia baru sekali bertemu dengan anggota DPR tersebut.(hdr)

Artikel Terkait