Nasional

Jelang Akhir Tahun, Densus Tangkap Terduga Teroris di Kuker

Oleh : very - Minggu, 31/12/2017 16:20 WIB

Densus 88 tangkap 2 terduga teoris kelompok Santoso di Bima. (Foto: Tribunnews.com)

Samarinda, INDONEWS.ID - Detasemen Khusus (Densus 88) Anti-Teror Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) menangkap seorang warga Mangkurang, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kuker), Kalimantan Timur, berinisial MJ (36) yang diduga terlibat jaringan teroris, Sabtu malam (30/12).

"Banyak polisi yang datang, ada sekitar 30 orang. Mereka meminta saya untuk menemani saat petugas melakukan penggeledahan, kejadian sekitar pukul lima sore," kata Ketua Rukun Tetangga (RT) 18, Kelurahan Mangkurang, Roli Maulana seperti dikutip Antara.

Ia membenarkan bahwa MJ merupakan warganya yang Sabtu malam (30/11) ditangkap tim gabungan kepolisian dari Kepolisian Resor Kutai Kartanegara (Polres Kukar), Kepolisian Sektor (Polsek) Tengarong dan Densus 88 dan melakukan penggeledahan.

Kediaman MJ, menurut dia, berada kurang lebih 200 meter dari rumahnya.

Roli mengatakan melihat petugas menyita sejumlah barang di rumah MJ, diantaranya senapan rakitan, laptop dan sejumlah buku saat penggeledahan yang berakhir hingga pukul 20.30 WITA.

"Yang saya tahu, MJ ditangkap sebelum penggeledahan dilakukan oleh polisi. Saya tidak tahu persis MJ ditangkap di mana, yang pasti bukan di rumahnya," katanya.

Ia menjelaskan bahwa MJ merupakan warga asli Mangkurawang, Kukar, dan saat ini masih berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

 MJ dikenal sebagai PNS di Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kesbangpol Pemkab Kukar), dan menjadi petugas kebersihan di masjid kantornya.

"Keseharianya normal saja, perilakunya baik, dan sangat rukun dengan warga lain, pokoknya nggakada yang mencurigakan, " tutur Roli.

Sekira pukul 23.00 WITA sejumlah polisi terlihat masih melakukan pemeriksaan terhadap istri MJ di rumahnya, Jalan Usaha Tani, Mangkurawang, Kukar.

Istri MJ, Kurniawati, mengaku bahwa tidak tahu sama sekali dengan aktivitas suaminya.

Bahkan, dia menyangkal barang yang telah disita polisi di kediamannya merupakan milik suaminya.

"Saya yang punya rumah tidak tahu, tapi polisi kok bisa tahu dari mana datangnya barang itu," kata Kurniawati kepada wartawan.

Berdasarkan informasi MJ ditangkap oleh tim gabungan kepolisian dalam perjalanan menuju rumahnya. (Very)

Artikel Terkait