Nasional

Ketua BEM UI : Ekonomi Digital Ujung Tombak Pertumbuhan Indonesia

Oleh : budisanten - Rabu, 10/01/2018 16:26 WIB

Muhammad Syaeful Mujab (paling kiri) bersama pembicara lain Pada Diskusi Publik Prospek Ekonomi dan Politik 2018 di Balai Sarwono. (foto : budsan)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ekonomi kreatif yang dikembangkan kalangan anak muda generasi milenial kini menjadi salah satu ujung tombak pertumbuhan ekonomi.

"Tercatat sekitar 5 juta tenaga kerja bisa diserap dari sektor industri digital dalam kurun waktu terakhir. Dan, itu sangat berkontribusi pada pemerintahan Pak Jokowi," ungkap Muhammad Syaeful Mujab, Ketua BEM UI di acara Diskusi Publik "Prospek Ekonomi dan Politik 2018".

Acara yang diadakan Alumni FISIP UI dan Indonews.Id tersebut dilangsungkan di Balai Sarwono, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2018).

Menurut Mujab, pertumbuhan ekonomi  kreatif ini bisa ditunjukkan dengan perkembangan ojek online seperti Gojek, Grab Bike hingga Uber yang bisa menyerap tenaga kerja langsung ke masyarakat.

"Sekarang ini, semua orang bisa menjadi tukang ojek online. Bahkan mahasiswa yang belum punya ijazah pun bisa bekerja sebagai gojek," jelas Ketua BEM UI itu.

Dan lapangan kerja lainnya saat ini semakin banyak dan menjadi trend positif dari start up berbasis digital.

Selain Ketua BEM UI, pembicara lainnya adalah Hasan Nasbi Batupahat (CEO konsultan politik Cyrus Network), Christianto Wibisono (alumni UI 78), DR Rizal Ramli sebagai guest speaker, ekonom senior dan tokoh nasional yang semua alumni FISIP UI.

Sedang Budiarto Shambazy yang juga alumni FISIP UI bertindak sebagai moderator. (budi s)

Artikel Terkait