Bisnis

PNM Sinergi dengan Pengusaha UMK Lampung

Oleh : very - Kamis, 11/01/2018 18:10 WIB

Kegiatan Temu UMK sebagai sarana Mempererat tali Silaturahmi di Hotel Mandarin Lee, Lampung, Kamis (11/01). (Foto:Ist)

Bandar Lampung, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mendorong perkembangan usaha yang dijalankan oleh pengusaha Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Bandar Lampung dengan menggelar kegiatan “Temu UMK sebagai sarana Mempererat tali Silaturahmi” di Hotel Mandarin Lee, Lampung, Kamis (11/01).

Kegiatan yang bertujuan untuk membangun sinergi antar pengusaha UMK ini dihadiri oleh 75 pengusaha yang merupakan nasabah binaan PNM produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang berasal dari wilayah Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Utara. 

Bambang Siswaji, Direktur Bisnis II PNM mengatakan, kegiatan Temu UMK pada awal tahun ini menjadi strategi PNM untuk membuka peluang usaha bagi nasabah binaan PNM. “Harapannya kegiatan ini menjadi ruang bagi nasabah untuk bertukar informasi dan bersinergi sehingga dapat meningkatkan kapasitas usaha yang mereka jalankan. Pengusaha UMK hadir dari beraneka ragam jenis usaha, mulai dari industri makanan, perikanan, perdagangan, mebel, hingga kerajinan,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis.

Melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), PNM secara berkala mengadakan kegiatan temu nasabah dan pelatihan usaha yang berdasar pada kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh nasabah.

“Memperluas jaringan usaha menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam dunia UMK. Saat ini pengusaha UMK dituntut untuk terus dapat mengikuti perkembangan pasar yang perubahannya begitu cepat, begitu mereka ketinggalan informasi mengenai tren kebutuhan dan selera konsumen pasti produk mereka akan ditinggalkan. Melalui jaringan usaha yang dibangun antar para pengusaha UMK, mereka dapat berkerjasama dan menemukan inovasi baru yang dapat memberi keuntungan bagi usaha mereka,” tambah Bambang Siswaji. 

Anggota DPR RI Komisi XI, A Junaidi Auly turut hadir untuk memberikan motivasi kepada nasabah binaan PNM, serta meninjau program PKU yang menjadi kelebihan PNM dalam memberikan pendampingan usaha  kepada nasabah binaan.

PNM telah hadir untuk mendorong berkembangan ekonomi UMK di Lampung sejak 2010 yang berkantor pusat di Jl.Hi Said No.12/22 Tanjung Karang Timur Bandar Lampung, dengan didukung 16 kantor ULaMM yang tersebar di beberapa wilayah, yaitu Kedaton, Gedongtataan, Kalirejo, Pringsewu, Kota Agung, Sidomulyo, Kalianda, Bandar Jaya,Metro, Kotabumi, Bukit Kemuning, Seputih Banyak, Mulya Asri, Bandar Sribhawono, Liwa, Simpang Pematang.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada palaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Produk unggulan kedua yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Ini merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro. Produk Mekaar tidak memerlukan anggunan, karena sistem jaminan yang digunakan adalah tanggung renteng.

Saat ini PNM memiliki 1.947 kantor layanan, yang terdiri dari 63 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.253 kantor cabang Mekaar. (Very)


Artikel Terkait