Nasional

Mahfud MD: Semua Harus Diperiksa

Oleh : hendro - Jum'at, 12/01/2018 17:56 WIB

Mantan Ketua MK Mahfud MD (istimewa)

Yogyakarta, INDONEWS.ID - Untuk mengungkap peran mantan pengacara setnov yang diduga menghalang-halangi penyidikan kasus mantan Ketua DPR itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi M. Mahfud MD menyarankan agar Tim Dokter dan pengelola Rumah Sakit Primier yang merawat Setya Novanto harus diperiksa.

"Sekarang baru satu dokter yang diperiksa. Harusnya tim dokter diperiksa semua, agar ke depan tidak lagi terjadi orang mempermainkan hukum. Kalau hal ini dibiarkan besok orang bisa membeli surat keterangan dokter sakit, Padahal sakitnya hanya panu," kata Mahfud di Kepatihan Yogyakarta, Jumat (12/1/2018).

Menurut Mahfud, selain dokter, pengelola rumah sakit, penjaga dan pengawalnya juga harus diperksa. "Jangan-jangan ada konspirasi," tuturnya.

Karena itu, kata Mahfud, untuk hukuman obstructon of justice  maksimal 12 tahun. Hal itu terkait dengan mantan pengacara Setnov tetap harus diperiksa. Karena profesi yang lalu melakukan tindak pidana yang merugikan ya harus dihukum.

"Ada banyak dokter, PNS, wartawan yang dihukum atas nama profesi. Tidak bisa berlindung dibalik profesi. Profesi itu harus memeriksa tersendiri tetapi itu terlepas dari kasus pidana. Pidana jalan, putusan profesi jalan. Itu dua jalur yang berbeda di dalam kasus hukum," ujarnya.

 

Artikel Terkait