Bisnis

Dukung Bisnis Kuliner, PNM Buka Klasterisasi Usaha Rumah Makan

Oleh : very - Senin, 15/01/2018 11:31 WIB

PNM menggelar program Klasterisasi Usaha Rumah Makan, di Hotel Mega Lestari, Balikpapan, Sabtu (13/01). (Foto: PNM)

Balikpapan, INDONEWS.ID - Usaha rumah makan menjadi salah satu bisnis favorit yang banyak dijalankan oleh para pengusaha. Dengan bermodal kemampuan dan keterampilan dalam meramu makanan, para pengusaha dapat memulai usahanya.

Dalam rangka mendukung perkembangan usaha rumah makan yang dijalankan oleh nasabah PT Permodalan Nasional Madani (Persero) produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), PNM membuka program “Klasterisasi Usaha Rumah Makan” di Hotel Mega Lestari, Balikpapan, Sabtu (13/01).

Bambang Siswaji, Direktur Bisnis II PNM mengatakan, pembukaan Klasterisasi Usaha Rumah Makan merupakan upaya PNM dalam memberikan pendampingan usaha kepada nasabah. “Saat ini ekonomi sedang lesu karena sektor bisnis minyak dan batu bara yang menjadi keunggulan Kota Balikpapan sedang menurun, sehingga menyebabkan penurunan daya beli masyakarat. Kami akan memberikan pelatihan manajemen dan tata kelola usaha rumah makan yang baik dan benar secara berkelanjutan, sehingga mereka dapat meningkatkan uasahanya,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers PNM, Senin (15/1/2018).

Klasterisasi Usaha Rumah Makan, katanya, beranggotakan 25 nasabah ULaMM pemilik beragam usaha rumah makan di Balikpapan. 

“Bisnis Rumah Makan dapat dijalankan oleh semua pengusaha, baik pengusaha pemula atau pun berpengelaman. Akan tetapi tetap dibutuhkan pengetahuan mengenai bagaimana mengelola usaha tersebut dengan benar dan profesional. Inovasi pun perlu dilakukan terus untuk mengikuti perkembangan dan tren yang sedang digemari oleh masyarakat. Dengan program klasterisasi ini, harapannya dapat menjadi ruang belajar, bertukar informasi dan bersingeri antar nasabah PNM sehingga kesuksesan dapat diraih bersama,” tambah Bambang Siswaji.

Acara pembukaan klasterisasi menghadirkan narasumber Farief Manaf, pemilik usaha Roti Gembong Kota Raja. Dia berbagi kisah suksesnya tentang melestarikan pengolahan roti gembong menjadi lebih nikmat dengan konsep barunya yang modern.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)
PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada palaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Selain itu, Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Produk Mekaar tidak memerlukan anggunan, karena sistem jaminan yang digunakan adalah tanggung renteng.

Saat ini PNM memiliki 1.947 kantor layanan, yang terdiri dari 63 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.253 kantor cabang Mekaar. (Very)

Artikel Terkait