Budaya

Jabat Mensos, Idrus Janji Segera Bekerja Kurangi Kemiskinan

Oleh : very - Rabu, 17/01/2018 15:04 WIB

Idrus Marham didampingi istrinya Ridho Ekasari menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi atas pelantikannya sebagai Mensos, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1) pagi. (Foto: Setkab.go.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, Rabu (17/1) pagi, dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Khofifah Indar Parawansa, yang telah mengajukan pengunduran diri karena mencalonkan menjadi Gubernur Jawa Timur pada pilkada serentak 2018.

Ditemui wartawan usai pelantikan, Idrus mengungkapkan bahwa ia akan segera bekerja dan mempelajari program-program yang ada di Kementerian Sosial.

“Di situ saya akan mengidentifikasi sekaligus memahami kebijakan-kebijakan yang telah diambil Ibu Khofifah,” ujar Idrus.

Pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan itu, mengaku akan banyak belajar dari pendahulunya  mengenai langkah-langkah yang telah diambil, yang menurut catatannya telah mampu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai 1,2 juta orang.

“Pengurangan kemiskinan ini tentu tidak secara tiba-tiba, ini adalah melalui proses pelaksanaan program-program yang dilakukan oleh pemerintah,” tutur Idrus seperti dikutip Setkab.go.id.

Dalam upaya pengurangan kemiskinan tersebut, ungkap Idrus, dirinya akan melakukan percepatan (akselerasi) kinerja di kementerian yang dia pimpin. “Ada akselerasi kerja/kinerja sesuai dengan filosofi kabinet ini, kerja, kerja, kerja,” kata Idrus.

Selanjutnya, Idrus juga akan memastikan sinergitas antar kementerian/lembaga terkait. “(Pengurangan) kemiskinan tidak semata-mata di Kementerian Sosial, tetapi adalah merupakan tanggung jawab dan harus sinergi dari keseluruhan unsur-unsur dan elemen lembaga yang ada,” tegas Idrus.

Ditanya wartawan mengenai kecocokan dengan Presiden Jokowi, Idrus menyampaikan bahwa ia dan Presiden sama-sama memiliki komitmen untuk bekerja demi kemakmuran rakyat.

“Kecocokannya kerja, kerja. Kerja, kerja, kerja untuk rakyat, itulah kata kunci,” pungkas Idrus. (Very)

 

Artikel Terkait