Nasional

Ini Penyebab Konflik di Partai Hanura

Oleh : hendro - Kamis, 18/01/2018 19:59 WIB

Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID – Konflik yang berlarut di Partai Hanura, membuat Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto turun tangan. Dirinya menilai, penyebab konflik internal di tubuh Partai Hanura disebabkan oleh masalah kepemimpinan.

Menurut Wiranto, untuk menyelesaikan masalah ini diperlukan musyawarah bersama dengan kedua belah pihak. "Semua terjadi karena ada sebab dan akibat kan. Akibat ini karena masalah leadership. Ini kita perbaiki masalah apa dileadership itu. Kita kompromikan," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Wiranto mengaku, dirinya memiliki kewajiban untuk menyelesaikan masalah internal Partai Hanura sehingga tidak merugikan partai yang tengah fokus menghadapi Pilkada serentak 2018 itu.

Lebih lanjut Wiranto mengatakan, keputusan untuk mengganti Ketua Umum Partai Hanura OesmanSapta Odang dan menunjuk Marsekal Madya (Purn) Daryatmo merupakan keinginan para pemilik partai. "Tatkala sebagian besar pengurus tidak menghendaki kepengurusan ini atau katakan tidak menghendaki proses kepemimpinan yang perlu diganti, mereka pemilik partai," katanya lagi.

Pemilik partai, kata Wiranto, bukanlah merupakan pengurus pusat maupun ketua umum dan jugadewan pembina. Namun, pemilik partai adalah seluruh anggota partai yangdiwakili oleh para pengurus DPD DPC se-Indonesia. "Tatkala mereka sudah melampaui 2/3 mereka itu kekuatan nyata. Ini nanti kita, enggak mau berpolemik dengan publik. Serahkanlah," ucapnya.

Wiranto mengaku menghormati hak politik anggota sebagai pemilik partai. Ia pun akan mendukung keinginan anggotanya apabila berdasarkan kebenaran. (hdr)

Artikel Terkait