Nasional

Kapolri: Pilkada Serentak 2018 Akan Aman

Oleh : hendro - Rabu, 24/01/2018 12:20 WIB

ilustrasi Kapolri Jenderal Tito Karnavian (istimewa)

Jakarta, INDONEW.ID - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian Yakin Pilkada serentak 2018 akan berjalan aman. Hal itu dikarenakan, Indonesia telah memiliki pengalaman di tahun 2015 dan 2017.

"Ini catat poinnya Polri, TNI, Pemerintah yakin bahwa Pilkada di 171 wilayah ini berlangsung aman," kata Tito di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Menurut Tito, dalam Pilkada 2018 banyak partai oposisi yang mengusung pasangan calon yang sama dengan partai pendukung pemerintah. Karena itu, dengan kondisi seperti itu sulit mengeksploitasi isu SARA di Pilkada 2018.

"Memang ada beberapa antara partai oposisi dan pemerintah yang calonnya berbeda, tapi artinya latar belakangnya tak bisa dieksploitasi masalah agama dan lain-lain seperti di Jawa Barat," jelasnya.

Dengan banyaknya partai oposisi yang mendukung jagoan pemerintah, Tito mengatakan,  potensi emosional yang muncul nanti berupa emosional perorangan. "Nanti potensi emosional yang muncul emosional perorangan dibanding dengan emosional poros partai. Ini beda dengan kasus Jakarta," kata Tito.(hdr)

 

Artikel Terkait