Nasional

Prajurit Maung Siliwangi Lakukan Perbaikan Petilasan dan Mata Air Citarum

Oleh : hendro - Kamis, 25/01/2018 16:27 WIB

Prajurit Maung Siliwangi melakukan pembersihan Danau / Situ Cisanti

Bandung, INDONEWS.ID- Untuk menindaklanjuti intruksi Presiden RI Ir. H Joko Widodo dalam mengatasi permasalahan yang yang terjadi di Sungai Citarum, Kodam III/Siliwangi yang dipimpin langsung Pangdam Mayjen TNI Doni Mordano melakukan pembenahan terhadap “ The Dirties River In the World ” tersebut..

Menurut  Doni , salah satu permasalahan yang membuat Sungai Citarum kondisi air maupun ekosistem yang ada disekitarnya seperti saat ini adalah  rusaknya kawasan hulu atau KM  0, tepatnya berada Situ Cisanti, di daerah Kertasari Kab. Bandung Barat.

“Tercemarnya sungai Citarum akibat rusaknya kawasan hulu atau KM 0,” kata Doni di Bandung, Rabu (25/1/2018)

Oleh karena itu, jelas Doni,  Prajurit Maung Siliwangi sejak akhir Bulan November sudah dikerahkan ke KM “0” Citarum dan melakukan berbagai kegiatan di Situ Cisantarum. Diantaranya kegiata yang dilakukan adalah melakukan perbaikan Petilasan dan Mata Air Citarum.

Air sungai Citarum sesungguhnya berasal dari 7 mata air yang ada di Situ Cisanti, Mata Air ini termasuk mata air purba karena sudah berusia ± 12 juta tahun.  Agar mata air ini tetap terjaga maka perbaikan disekeliling mata air telah dilakukan, yang tadinya banyak rumput liar serta jalannya menuju mata air yang masih berupa tanah dan dikhawatirkan dapat longsor ke dalam mata air kini telah diperkuat dan diperindah, sehingga selain mata air tetap terjaga, masyarakat juga tetap menikmati indahnya mata air tersebut.

Selain itu, tambah Doni, prajurit Maung Siliwangi juga memlakukan  pembersihan Danau / Situ Cisanti. Kegiatan itu terdiri, mengangkat semua sampah plastik yang ada dipermukaan danau dan disekeliling bibir danau. Mengangkat enceng gondok dan ganggang merah yang ada dipermukaan danau. Dikarenakan enceng gondok dan ganggang merah yang ada dipermukaan cukup banyak, maka pengangkatannya menggunakan perahu LCR serta 2 unit Alat Berat Amphibius. “Melaksanakan pembersihan semua sampah yang selama ini banyak ditemukan di parit maupun sungai – sungai yang berada di sekitar danau cisanti,”. Ujar mantan Pangdam Pattimura itu.(hdr)

Artikel Terkait