Daerah

Cegah Sedimentasi, Prajurit Kodam Siliwangi Tanam Veliver di Bibir Danau Cisanti

Oleh : hendro - Kamis, 25/01/2018 18:48 WIB

Prajurit Maung Siliwangi penaman dibibir Veliver Danau / Situ Cisanti

Bandung, INDONEWS.ID – Dalam melaksanakan pembenahan di Sungai Citarum, prajurit Kodam III/ Siliwangi melakukan penanaman veliver di sepanjang bibir danau Cisanti.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Doni Moerdano, dengan melakukan penanaman veliver di sepanjang bibir danau Cisanti dapat  mencegah bertambahnya sedimentasi Situ Cisanti. karena selama ini banyak tanah di bibir danau cisanti yang longsor ke dalam danau karena digunakan sebagai pijakan untuk memancing,

“Dengan telah ditanamnya vetiver yang terkenal memiliki akar yang kuat untuk menahan tanah maka pada saatnya nanti longsor yang mengakibat sedimentasi danau cisanti tidak terjadi lagi,” harap Doni di Bandung, Rabu (25/1/2018).

Lebih lanjut Doni mengatakan, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada Masyarakat agar melaksanakan Relokasi dan Alih Profesi.

Saat ini, kata Doni,  di kawasan Situ Cisanti sebagian besar masyarakat membuat rumah dan tinggal di kawasan konservasi, sekaligus mereka juga bekerja sebagai petani wortel dan kentang yang lahannya diperoleh dengan cara membuka hutan.

Guna mencegah hal itu terus berlanjut, maka Prajurit Siliwangi melaksanakan sosialiasi kepada ± 300 masyarakat untuk mau direlokasi serta alih profesi ± 2.400 masyarakat.

“Bagi masyarakat yang kena relokasi disiapkan rumah baru di lokasi baru yang tidak jauh dari rumah yang lama, dan yang alih profesi langsung bergabung dengan tim pembibitan Prajurit Siliwangi setelah sebelumnya diberikan ganti rugi tanaman yang kentang dan wortel yang telah mereka tanam sekaligus langsung diberikan gaji sebagai pembibit tanaman,” ujarnya. (hdr).

 

Artikel Terkait