Daerah

Prajurit Maung Siliwangi Lakukan Pembibitan Pohon

Oleh : hendro - Jum'at, 26/01/2018 07:26 WIB

Prajurit Maung Siliwangi melakukan pembibitan pohon untuk kawasan hulu sungai Citarum

Bandung, INDONEWS.ID –  Dalam rangka pembenahan di kawasan hulu sungai Citarum yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, Kodam III/ Siliwangi melakukan kegiatan pembibitan pohon.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Mordano mengatakan, kegiatan pembibitan pohon tersebut  nantinya akan digunakan Reforestasi 80.000 Ha kawasan konservasi yang kondisinya saat ini sangat kritis. Karena itu, dengan target pohon yang ditanam ini nantinya  bisa dihasilkan adalah sebanyak 125 juta pohon (100 juta tanaman ekonomis dan 25 juta tanaman ekologis).

Lebih jauh Doni menjelaskan, untuk melakukan kegiatan pembibitan pohon tersebut, pihaknya melakukan beberapa tahapan. Diantaranya, membuka dan memperbaiki jalan yang menuju lokasi pembibitan,  menyiapkan lahan pembibitan secara bertahap dan nantinya seluas 25 Ha,  mengatur instalasi pengairan yang mengarah ke kebun pembibitan.

“Selajutnya mendatangkan bibit-bibit pohon tanaman ekologis (seperti mahoni tahura, suren, rasamala, mani I, puspa, manglid, vetiver dan aren)  maupun tanaman ekonomis (seperti kopi, kina, murbei, lada, buah-buahan dll),” kata Pangdam, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan pembibitan ini, kata Doni, pihaknya mengerahkan  200 Prajurit Siliwangi (menetap di barak yang akan dibangun dekat dengan lokasi pembibitan) bersama tim pembibitan Budiasi pimpinan Bapak Yuhan serta dengan masyarakat petani situ cisanti yang sudah melakukan alih profesi.

Lebih jauh Doni menambahkan, untuk penanaman bibit pohon di Gunung Wayang. Bibit yang ditanam harus sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) Bibit versi Citarum (untuk tanaman keras : tinggi 1,2 m atau diameter batang 2 cm, untuk tanaman perdu dengan tinggi 80 cm).  (hdr)

 

Artikel Terkait