Nasional

BMKG: Tiga Hari ke Depan, Indonesia Alami Cuaca Ekstrem

Oleh : hendro - Sabtu, 27/01/2018 10:40 WIB

Ilustrasi cuaca ekstrim (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID –  Dalam tiga hari ke depan, Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem. Demikian ditegaskan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Menurut Dwikorita, cuaca ekstrem ditandai dengan peningkatan intensitas hujan disertai angin kencang, yang juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang dan berpotensi menimbulkan puting beliung.

"BMKG dengan ini menyampaikan kepada masyarakat bahwa dalam 3 hari ke depan akan ada peningkatan intensitas hujan disertai angin kencang yang juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang, serta dapat berpotensi menimbulkan puting beliung," kata Dwikorita dalam keterangan persnya, Sabtu (27/1/2018).

Karena itu, Dwikorita mengimbau, masyarakat di wilayah Indonesia agar siaga dengan situasi cuaca tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan dampak lebih dari biasanya.

Dwikora menjelaskan, pihaknya memantau adanya dua bibit siklon tropis, yaitu di Samudra Hindia Selatan Jawa dan Barat Daya Bengkulu pada tanggal 26 November 2017. Bibit siklon tropis tersebut mengakibatkan terbentuknya pola belokan angin (shear) dan konvergensi di wilayah Indonesia.

Hal ini akan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang, hujan lebat, angin kencang, maupun potensi puting beliung di daerah sekitarnya.

Selain itu, terdapat aliran massa udara basah dari Barat dan Utara yang cukup luas dari Samudra Hindia yang mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

BMKG juga memperkirakan bahwa dalam beberapa hari ke depan terdapat peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah, seperti  pulau Sumatra  terdiri dari  Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung.

Sedangkan untuk pulau Jawa terdiri dari  Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Untuk kepualuan Kalimantan terdiri  Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Timur bagian Selatan, Kalimantan Selatan

Dan untuk pulau Sulawesi mencangkup, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua. (hdr)

 

Artikel Terkait