Nasional

Soal Penganiayaan Ulama, Mabes Polri : Ini secara kebetulan ya

Oleh : hendro - Jum'at, 02/02/2018 18:10 WIB

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol M Iqbal

Jakarta, INDONEWS.ID – Mabes Polri menilai dua kejadian penganiayaan pemuka agama dalam waktu yang secara berdekatan di Bandung, Jawa Barat adalah kebetulan. Demikian dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal.

Namun demikian, kata Iqbal,  pelaku dalam masing-masing kejadian diduga mengalami gangguan kejiwaan dan kedua peristiwa terjadi usai shalat Subuh.

"Ini secara kebetulan ya, ada penganiayaan yang korbannya kebetulan tokoh agama, dan dua dua pelakunya mengalami gangguan jiwa," kata Iqbal di Markas Besar Polri, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Iqbal menjelaskan,  polisi dalam penetapan tersangka dan penyimpulan sesuatu harus detail dan teliti melalui alat bukti yang dikumpulkan. Alat bukti tersebut pun secara ilmiah harus tidak terbantahkan.

Untuk itu, kata Iqbal, ketika polres setempat menetapkan, pelaku mengalami gangguan jiwa, maka dipastikan ada bukti pendukung yang kuat.

"Karena dirawat di RS jiwa. Setelah didiagnosis mengalami depresi mental, ada track record-nya sering mengamuk dan lain lain," kata Iqbal.

Namun, tambah Iqbal, apabila ada fakta lain yang ditemukan, Iqbal memastikan polisi akan menindaklanjuti. "Saat ini, pelaku semua sudah kami tangkap dan yang terakhir ini adalah pelaku A, definitif mengalami gangguan jiwa," kata Iqbal. (hdr)

 

Artikel Terkait