Nasional

Kebakaran Diruang BKSAP DPR RI, Damayanti : Untung Cepat Direspon Pamdal

Oleh : luska - Sabtu, 03/02/2018 14:11 WIB

Kebakaran diruang BKSAP DPR RI yang terbakar.( Dok Sudin Damkar Jakpus)

Jakarta, INDONEWS.ID - Plt. Sekretaris (Sekjen) DPR Damayanti yang ditemui saat meninjau lokasi kebakaran mengapresiasi kesigapan petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) dan Pemadam Kebakaran yang bergerak cepat menangani kebakaran tersebut hingga tidak merembet ke ruangan lainnya.

" Kebakaran bisa cepat diatasi dalam hitungan menit dengan alat pemadam api ringan (APAR) oleh petugas Pamdal yang lebih dulu merespon bunyi alarm dibantu Petugas Pemadam Kebakaran di lingkungan DPR RI," kata Damayanti dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (3/2/2018).

Maya menjelaskan, dari laporan petugas Pamdal sistem alarm di lantai 4 berbunyi dan bekerja dengan baik, sehingga cepat direspon oleh petugas Pamdal dengan memecahkan akses pintu kaca yang terkunci dengan tabung APAR.

"Tidak ada dokumen penting yang terbakar, sudah saya tanyakan ke Karo KSAP dokumen yang ada di ruangan tersebut hanyalah bahan-bahan yang akan dipakai rapat BKSAP," kata Maya.

Terkait penyebab utama kebakaran, Maya meminta semua pihak menunggu hasil pemeriksaan forensik pihak kepolisian.

Damayanti menghimbau agar semua karyawan di lingkungan DPR RI setiap selesai bekerja terlebih jika hari libur untuk mematikan dan mencabut semua peralatan listriknya sebagai upaya preventif mencegah dari bahaya kebakaran akibat konsleting listrik.

Saat meninjau Plt Sekjen Damayanti didampingi oleh Deputy Administrasi Mardian Umar, dan Kepala Biro BKSAP Endah Tjahjani Dwirini.

Diberitakan sebelumnya Ruang Kerja Tenaga Ahli Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) yang berada di lantai 4 Gedung Nusantara III DPR RI Sabtu (3/2/2018) pagi sekitar pukul 07.40 WIB terbakar. Beruntung, kebakaran ruangan yang berada di pojok sisi utara berukuran 3x4 meter ini tidak sampai merembet ke ruangan lain.(Lka)

Artikel Terkait