Nasional

Bamsoet: Hasil Hak Angket Tidak Akan Lemahkan KPK

Oleh : hendro - Senin, 05/02/2018 12:13 WIB

Ketua DPR Bambang Soesatyo

Jakarta, INDONEWS.ID – Hasil rekomendasi hak Angket DPR dipastikan tidak akan melemahkan KPK. Namun, akan memperkuat institusi tersebut khususnya dalam hal anggaran di bidang pencegahan. Demikian ditegaskan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

"DPR akan mendorong peningkatan anggaran KPK khususnya di bidang pencegahan melalui upaya-upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyatakat agar prilaku korup yang makin masif ini bisa dikurangi," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Bamsoet menjelaskan,  soal penyadapan, di dalam laporan Pansus Hak Angket KPK, sama sekali tidak ada menyinggung soal RUU Penyadapan dalam rekomendasinya. Hal itu, dikarenakan sudah menjadi domain Komisi III DPR RI berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengamanatkan bahwa penyadapan harus diatur melalui undang-undang.

Menruut Bamsoet, DPR maupun pemerintah tidak akan ikut campur dalam pembetukan dewan pengawas yang direkomendasikan Pansus Angket kepada KPK dan semua diserahkan sepenuhnya kepada KPK untuk melaksakannya atau tidak.

"Tanggung jawab kita sama yaitu melayani dan mensejahterakan masyarakat, khususnya dalam hal pemberantasan korupsi melalui kewenangan masing-masing yang diberikan oleh undang-undang," katanya.(hdr)

Artikel Terkait