Nasional

KRI Tenggiri-865 Koarmabar Tangkap TB Sevent Lakukan Tindak Pidana Pelayaran di Selat Bangka

Oleh : luska - Kamis, 15/02/2018 08:54 WIB

KRI Tenggiri-865 Koarmabar Tangkap TB Sevent Lakukan Tindak Pidana Pelayaran Di Selat Bangka

Jakarta, INDONEWS.ID - KRI Tenggiri-865 salah satu unsur Koarmabar yang sedang melaksanakan Operasi Benteng Sagara-18 BKO Guskamlabar berhasil menangkap TB. Sevent dengan TK. KKP 03 yang melakukan tindak pidana pelayaran di Selat Bangka, Selasa (12/2).

Penangkapan tersebut bermula saat KRI Tenggiri-865 yang sedang melaksanakan patroli laut di perairan Selat Bangka pada posisi 02° 50’ 61’’ LS – 105° 57’ 42’’ BT mengidentifikasi adanya sebuah kontak pada radar dengan jarak kurang lebih 4 mil laut. Kontak kapal tersebut mencurigakan karena saat diindentifikasi melakukan penyamaran dengan mematikan lampu. Selanjutnya KRI Tenggiri-865 mendekati target dan dari hasil penglihatan terlihat jelas kapal tersebut jenis tug boat sedang menarik tongkang.

Kemudian Komandan KRI Tenggiri-865 Mayor Laut (P) Agus Daryono melaksanakan prosedur komunikasi dengan nakhoda TB. Sevent melalui radio VHF FM CH 16 dan menyampaikan bahwa KRI akan merapat di tug boat dalam rangka peran pemeriksaan dan penggeledahan. Saat diperiksa, TB Sevent sedang melaksanakan lego jangkar. Selanjutnya Tim Pemeriksa KRI Tenggiri-865 melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kapal tug boat beserta muatan maupun kelengkapan surat/dokumen.

Dari hasil pemerikasaan ditemukan dugaan awal bahwa TB. Sevent yang dinakhodai oleh GW melakukan tindak pidana pelayaran karena saat diperiksa nakhoda tidak dapat menunjukkan beberapa dokumen pelayaran yang seharusnya berada di Kapal.

Atas dugaan pelanggaran pelayara tersebut, selanjutnya TB. Sevent beserta tongkang dan muatanya dikawal menuju pelabuhan Toboali untuk diserahkan kepada Posal Toboali Lanal Bangka Belitung guna pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel Terkait