Nasional

Wisata Edukasi Militer, Dinas Pariwisata DKI : Bisa Dijadikan Agenda Pemprov DKI

Oleh : luska - Senin, 19/02/2018 15:25 WIB

Wisata militer oelh TK Kartika, Jakarta Timur. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung penuh kegiatan wisata militer yang diadakan oleh Markas Brigif Mekanis 1 PIK/JS, Kamis (1/2/2018) lalu, bahkan akan memfasilitasi untuk menjadi agenda khusu bagi Pemprov DKI Jakarta sebagai ajang wisata edukasi militer.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta Tinia Budiarti menjelaskan pihaknya sangat mendukung wisata militer ini karena sebagai wista edukatif pengenalan dunia militer dan sangat setuju dengan adanya wisata militer ini untuk pengenalan tahap awal pengenalan tenatang dunia militer .

" Sebagai salah satu wisata alternatif terutama wisata edukasi ini sangat bagus, karena untuk pengenalan tahap awal apa itu milter, peralatannya apa saja yang mereka gunakan apa sih peran militer dalam suatu negara," jelas Tinia Budiarti saat ditemui di salah satu pusat perbelanjaan di Kelapa Gading Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.
.
Jadi, lanjut Tinia, militer itu bukan saja dikenal dengan tembak tembakannya tetapi lebih kepada edukasi bahwa mereka ini juga profesi, mereka punya fungsi yaitu menjaga negara.

" Nah itu dengan adanya wisata militer ini menjadi inspirasi bagi anak anak untuk kem sasa depan yaitu cita cita mereka, " imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta ini menambahkan pihaknya akan medukung dan membantu program wisata militer ini, menjadikan agenda rutin untuk edukasi anak anak dalam menambah wawasan yang positif.

" Kalau memang mereka ingin membuat suatu agenda rutin, kita bisa promosikan. nanti kita masukkan ke dalam agenda Pemda DKI, media publikasi dan media sosial lainnya," kata sepupu dari Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi ini.

Tinia menghimbau sebaiknya kediatan positif ini dapat dikembangkan untuk wisata edukatif usia dini tentang militer. Sekaligus memperkenalkan bahwa militer itu suatu profesi yang mulia untuk menjaga negara ini, karena tanpa tentara kita tidak bisa mempertahankan esistensi dan keamanan negara .

Dan ditekankan juga bahwa militer ini juga sama dengan profesi profesi lainnya, hanya saja tentara ini profesinya sebagai penjaga negar, dan di dalam dunia militer ini juga ada profesi profesi lainnya seperti dokter militer dan lain lain.

Kapten Inf Dadi Permana, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada anak-anak sejak usia dini.

“Juga untuk memperkenalkan TNI lebih dekat kepada anak-anak sehingga mereka melihat langsung kegiatan sehari-hari TNI dan mengerti tugas utama TNI untuk mempertahankan keutuhan NKRI,” ujar Kapten Dadi sebagai koordinator kegiatan wisata militer ini.

Dijelaskan Kapten Inf Dadi Permana bahwa kegiatan ini memang sering dilaksanakan Brigif Mekanis 1 PIK/JS dengan tujuan mengenalkan satuan dan sekilas dunia militer kepada masyarakat sekitar, khususnya kepada anak-anak usia sekolah.

Dadi menambahkan, kegiatan ini berawal dari adanya permintaan salah satu Taman Kanak (TK) dan pendidikan usia dini (Paud) yang meminta ijin untuk membawa muridnya ke markas untuk melihat dan memperkenalkan salah satu alutsista TNI. Dimana anak anak tersebut tertarik dengan kendaraan Anoa dan ingin mersakan naik ke dalam kendaraan baja tersebut.

Setelah melalui proses dan mekanisme yang sesuai prosedur, barulan Markas Brigif Mekanis 1 PIK/JS mengijinkan acara kegiatan wisata militer ini digelar, tentunya dengan kemasan yang meriah yaitu Joy Ride bersama Panser Anoa.

Ini adalah acara kedua yang sebelumnya juga pernah diselenggarakan beberapa tahun lalu bersama anak anak sekolah SD dan SMP. Kegiatan ini sangat diminati oleh para pelajar khususnya siwa laki laki yang bercita cita menjadi TNI. Sehingga dengan adanya pengetahuan awal ini soal alat TNI Panser Anoa, mereka terlihat lebih termotivasi untuk mewujudkan cita cita mereka.

Para siswa saat wisata sering melontarkan beberapa pertanyaan seputar panser Anoa ini, seperti cara mengemudikan, cara merawatnya bahkan sampai ke suku material yang dipakai kendaraan baja ini.

Lain halnya dengan kelompok bermain TK Kartika X-6 Cabang XVIII wisata militer ke Markas Brigif Mekanis 1 PIK/JS, Kamis (1/2/2018). Didampingi para guru pembimbingnya, anak-anak sangat antusias mendengar penjelasan kendaraan tempur Panser Anoa 6×6 buatan Pindad.

Sesekali anak-anak itu bertepuk tangan karena gembira dan kagum melihat kendaraan tempur yang ditampilkan, bahkan di sesi tanya jawab banyak diantara mereka dengan wajah polosnya mengajukan pertanyakan dan djawab dengan sabar dan penuh santun.

Dalam kesempatan itu, anak – anak berkesempatan bergaya dan beraksi didepan Panser Anoa sambil berfoto. Kegembiraan terlihat diwajah anak – anak saat melakukan Joy Ride. Anak – anak saling bergantian menaiki Panser Anoa yang membawa mengelilingi Markas Brigif Mekanis 1 PIK/JS sambil diawasi para guru dan prajurit TNI.

Salah seorang guru pendamping menyampaikan ucapan terimakasih karena baru pertama menaiki Panser Anoa.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya Wisata Militer ini, baru kali ini saya bisa naik kendaraan tempur, anak-anak juga senang, terima kasih pak TNI,” ucapnya sambil tersenyum. (Lka)

Artikel Terkait