Nasional

Fantastis, Menteri Puan Habiskan Rp3,5 M Hanya untuk Rompi dan Topi

Oleh : very - Selasa, 20/02/2018 15:06 WIB

Menko PMK RI Puan Maharani

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada tahun 2016 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) disibukan dengan program Revolusi mental. Bahkan, untuk Program ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani secara serius membentuk satuan kerja khusus bernama Revolusi Mental.

Sebagai kepanjangan tangan Menko Puan, ada banyak program yang dilaksanakan Satuan Kerja Revolusi Mental. Salah satu di antaranya berupa kegiatan pengadaan barang berupa perlengkapan rompi dan topi.

Koordinator Analisis Center for Budget Analysis (CBA) Maghfira mengatakan, kegiatan atau proyek pengadaan rompi dan topi ini tampaknya dianggap hal yang amat penting oleh Menteri Puan. Ini terlihat dari jumlah anggaran yang digelontorkan, yang mencapai Rp 3,5 miliar lebih.

“Bahkan jumlah rompi dan topi yang diborong menko PMK sebanyak 26.000 Pcs saking banyaknya lebih dari cukup jika dibagikan kepada Suporter Persija yang memenuhi Stadion GBK di Piala Presiden kemarin,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (20/2/2018).

"Terkait program yang dijalankan Menko PMK khususnya satuan kerja revolusi mental, Center for Budget Analysis sangat menyayangkan. Karena program dan kegiatan yang dilaksanakan tidak sehebat nama Satuan kerjanya Revolusi Mental,” lanjutnya.

Maghfira mengatakan, dari segi harga barang, pembelian rompi dan topi sebanyak 26.000 Pcs dengan nilai proyek senilai Rp3.510.000.000 terbilang fantastis. Selain mahal dan boros, proses pengadaan rompi dan topi  yang dijalankan Satuan kerja Revolusi Mental bisa dibilang riskan disalahgunakan karena dijalankan dengan cara metode lelang cepat.

“Berdasarkan catatan di atas, CBA mendorong pihak berwenang khususnya KPK untuk segera membuka penyelidikan terhadap program-program yang dijalankan Satuan Kerja Revolusi Mental Menko PMK khususnya pengadaan Rompi dan Topi,” pungkasnya. (Very)

 

Artikel Terkait