Nasional

Kasad Tutup Latihan Pertempuran Hutan dan Pemeliharaan Kemampuan Prajurit Kopassus TA 2018 di Citalahab

Oleh : luska - Selasa, 20/02/2018 22:34 WIB

Kasad Tutup latihan Pertempuran Hutan dan pemeliharaan kemampuan prajurit Kopassus TA 2018 di Citalahab. (Pen Kopassus)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menutup secara resmi latihan Pertempuran Hutan dan Latihan Pemeliharaan Kemampuan Prajurit Kopassus TA. 2018, di Lapangan Citalahab, Gunung Halimun, Bogor, Jawa barat, Selasa (20/2/2018).

Upacara yang digelar pukul 09.00 WIB ini dihadiri Danjen Kopassus, Asops Kasad ,Asrena Kasad, Kasdam III/Siliwangi Kadispenad, Danrem 061/SK dan Forkopimda Kab. Bogor.

Dalam amanatnya Kasad menjelaskan tidak hanya perairan yang dapat dijadikan akses bagi negara luar ataupun lawan untuk masuk ke Indonesia, tetapi hutan juga dapat dijadikan jalan alternatif jalan masuk ke Indonesia.

Untuk itu, lanjut Jenderal TNI Mulyono, dengan kondisi hutan yang berbeda diantaranya hutan iklim tropis, hutan rawa dan hutan bakau serta pegunungan dengan padang rumput dan semak belukar menjadikan hutan sebagai medan strategis yang dapat dimanfaatkan oleh musuh/lawan untuk menyusun kekuatan

Latihan pertempuran yang dilaksanakan prajurit Kopassus ini, sengaja dilaksanakan di medan latihan yang baru, yaitu kompleks Taman Nasional Gunung Halimun. Hal ini menunjukkan komitmen Kopassus untuk mencari tantangan yang realistis dalam menghadapi kemungkinan terburuk penugasan kedepan.

Pelatihan yang diadakan di Taman gunung Halimun juga merupakan bentuk pengakuan dan kedekatan satuan Kopassus dengan masyarakat di daerah latihan, yang dibuktikan dengan penerimaan masyarakat secara baik, serta upaya membantu kesulitan rakyat di sekitar daerah latihan

Selesai upacara, Kasad langsung meninjau pengobatan massal dalam rangka HUT ke 66 Kopassus yang diperingati setiap 16 April.

Dalam pengobatan massal Kopassus menerjunkan tim kesehatan sebanyak 17 dokter yang terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis, serta mengerahkan 26 perawat.

Kopassus bekerjasama dengan pihak donatur juga membagikan 2000 sembako kepada warga Citalahab.

Diakhir kunjungannya, Kasad meninjau sejumlah bangunan yang telah selsesai dibangun kembali oleh prajurit Kopassus yang ambruk karena gempa pada 23 Januari 2018 lalu, yaitu Masjid Al-Ikhlas.

Kopassus juga telah membantu warga membangun satu rumah layak huni, dan satu Mushola Al-Jami.(Lka)

Artikel Terkait