Nasional

Gubernur DKI: Proyek LRT Tetap Jalan

Oleh : hendro - Rabu, 21/02/2018 20:24 WIB

Gubernur DKI Anies Baswedan

Jakarta, INDONEWS.ID -  Meski seluruh proyek pembangunan dihentikan sementara akibat kecelakaan pier head tol becakayu, Namun pembangunan proyek velodrom LRT tetap berjalan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono terkait pembangunan LRT.

"Saya sudah bicara per telepon dengan Bapak Menteri PUPR kemarin siang. Jadi hari Selasa siang saya telepon beliau karena kita ada tugas infrastruktur yang sangat ketat jadwalnya," kata Anies di Jakarta , Rabu (21/2/2018).

Anies mengatakan, pengerjaan velodrom itu berkaitan dengan komitmen awal mengejar pelaksanaan Asian Games. Sebab pelaksanaan Asian Games tak bisa diundur dan proyek LRT salah satunya untuk mendukung mobilitas para peserta yang akan datang dari berbagai negara.

"Kita memiliki komitmen-komitmen bukan saja domestik tapi internasional. Jadwal itu terkait terutama Asian Games. Asian Games enggak bisa mundur karena itu Pak Menteri PUPR menegaskan bahwa proyek ini bisa jalan terus, tidak ada moratorium," paparnya.

Untuk mencegah kecelakaan kerja, kata Anies, akan dilakukan pemeriksaan. Pengawasan juga akan tetap dilakukan khususnya proyek yang berada di atas. Jika ada pemasangan instalasi di bagian atas proyek maka diminta ditahan dulu karena akan ada pemeriksaan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja. Pemeriksaan dilakukan hanya satu sampai dua hari.

"Beliau (Menteri Basuki) menggarisbawahi diperlukan satu, dua hari dua malam untuk pekerjaan yang sifatnya di atas itu diperiksa dulu. Jadi pengerjaan yang sifatnya di atas," ujarnya.

Sedangkan pekerjaan proyek yang lokasinya di bawah tetap dilanjutkan. "Semua pekerjaan di bawah tidak ada yang dihentikan. Semua jalan terus jadi tidak membayangkan seluruh kegiatan berhenti," ujarnya.(hdr)

Artikel Terkait