Nasional

PUSHIDROSAL-UKHO Tandatangani Perpanjangan Kerjasama Bidang Hidrografi

Oleh : hendro - Kamis, 22/02/2018 16:31 WIB

Laksda TNI Harjo Susmoro dan Rear Admiral Tim Lowe

Fidji-Nadi, INDONEWS.ID - Disela-sela memanfaatkan jeda waktu saat konferensi SWPHC-15, dilaksanakan pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia (Pushidrosal) dan Inggris (United Kingdom Hydrographic Office) yaitu antara Laksda TNI Harjo Susmoro dan Rear Admiral Tim Lowe di Fidji-Nadi, Kamis (22/2/2018).

Pada kesempatan itu, kedua pihak telah menyepakati untuk melanjutkan kerjasama yang telah berjalan selama kurun waktu 20 tahun dan memberikan manfaat pada kedua pihak secara proporsional. 

 Perpanjangan kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan perpanjangan Bilateral Arrangement antara Pushidrosal – UKHO untuk periode waktu 2018 – 2021 tentang Cooperation in the Field of Hydrography and Its Related Disciplines yang secara detail membahas kerjasama pendistribusian produk Electronic Navigational Chart (ENC) perairan Indonesia secara internasional oleh UKHO. 

Menurut Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro, kerjasama ini juga mencakup kegiatan Capacity Building kedua pihak berupa program pelatihan personel Pushidrosal di bidang survei hidrografi dan kartografi.

" Dimana selama ini, UKHO telah secara aktif membantu memberikan pelatihan teknis survei hidrografi dan asistensi kartografi kepada personel Pushidrosal, serta memberikan kesempatan kepada personel Pushidrosal untuk mengikuti pendidikan kartografi di UKHO," kata Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro.
 
Lebih lanjut Kapushidrosal menyampaikan bahwa kerjasama antara Pushidrosal dengan UKHO memiliki arti penting dalam upaya peningkatan kapabilitas personel Pushidrosal melalui pelatihan maupun asistensi teknis dari tenaga ahli UKHO terutama dalam pengembangan produk Electronic Navigational Chart (ENC) dan pembaruan produk publikasi Pushidrosal lainnnya. 

Selanjutnya Kapushidrosal juga menambahkan, bahwa Pushidrosal yang mengemban tugas sebagai Lembaga Hidrografi Nasional akan terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya melalui kerjasama bilateral maupun partisipasi dalam kelompok kerja (working group) organisasi internasional dan regional khususnya dalam pengembangan teknis survei dan pemetaan hidro-oseanografi serta mekanisme dalam distribusi Peta Laut Indonesia (paper chart) dan Electronic Navigational Charts (ENC). 

 Melalui perpanjangan kerjasama tersebut, Kapushidrosal berharap, pihaknya  dapat lebih meningkatkan kemampuannya dan menghasilkan produk-produk yang lebih berkualitas sehingga setara dengan produk negara besar maritim lainnya. 

Sementara itu, Rear Admiral Tim Lowe mengatakan dalam keterangannya, bahwa Pushidrosal merupakan mitra strategis bagi UKHO di kawasan Asia Tenggara yang memiliki wilayah perairan strategis  di  kawasan Asia Tenggara dan sebagian wilayahnya juga merupakan alur pelayaran perdagangan laut internasional yang sangat strategis dan padat, sehingga khususnya dengan mempertimbangkan keselamatan navigasi dan pelayaran bagi kepentingan aktifitas pelayaran internasional.

Selain itu, kerjasama antara UKHO – Pushidrosal tidak hanya memiliki arti penting bagi kedua pihak akan tetapi juga bagi komunitas pelayaran internasional sebagai pengguna utama. (hdr)

Artikel Terkait