Nasional

Perry Warjiyo Calon Kuat Gubernur BI Gantikan Agus Martowardojo

Oleh : luska - Jum'at, 23/02/2018 20:04 WIB

Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo akan memasuki masa pensiun atau purnatugas pada Mei 2018 mendatang. Sejumlah nama pun mulai dikait-kaitkan bakal duduk sebagai Gubernur BI menggantikan Agus.

Namun demikian dari sejumlah nama yang mencuat, hanya satu nama yang menjadi calon kuat menduduki kursi Gubernur BI mendatang. Nama Perry Warjiyo muncul sebagai calon kuat Gubernur BI.

Perry Warjiyo, yang lahir di Sukoharjo pada 1959 saat ini menduduki kursi Deputi Gubernur BI untuk masa jabatan 2013–2018, sebelumnya Perry Warjiyo menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional di Bank Indonesia. Jabatan tersebut diemban setelah menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter, Bank Indonesia.

Sebelum kembali ke Bank Indonesia pada 2009, Perry Warjiyo menduduki posisi penting selama dua tahun sebagai Direktur Eksekutif di International Monetary Fund, mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South-East Asia Voting Group. Perry Warjiyo mempunyai karir yang panjang dan cemerlang di Bank Indonesia sejak tahun 1984, khususnya di area riset ekonomi dan kebijakan moneter, isu-isu internasional, transformasi organisasi dan strategi kebijakan moneter, pendidikan dan riset kebanksentralan, pengelolaan devisa dan utang luar negeri, serta kepala Biro Gubernur.

Perry Warjiyo juga sebagai dosen Pasca Sarjana di Universitas Indonesia di bidang Ekonomi Moneter dan Ekonomi Keuangan Internasional, di samping sebagai dosen tamu di sejumlah universitas di Indonesia. Gelar Master dan PhD di bidang Moneter dan Keuangan Internasional diperoleh dari Iowa State University, AS, masing-masing pada tahun 1989 dan 1991. Perry Warjiyo telah menulis dan mempublikasikan sejumlah buku, jurnal, dan makalah di bidang ekonomi, moneter, dan isu-isu internasional.

Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada (1982) ini juga berhasil meraih Msc dalam bidang ekonomi moneter dan internasional dari Lowa State University, Ames USA (1989) dan Ph.D untuk bidang ekonomi moneter dan internasional (1991).

Perry Warjiyo diangkat sebagai Deputi Gubernur berdasarkan keputusan Presiden 28/P tahun 2013, dan secara resmi memulai jabatannya sejak tanggal 15 April 2013 untuk masa jabatan 2013–2018. ( Bebagai sumber/Lka)

 

Artikel Terkait