Nasional

Panglima TNI: Berikan Pelayanan Kesehatan Prajurit TNI dan Masyarakat Dengan Tersenyum

Oleh : luska - Minggu, 25/02/2018 10:35 WIB

Panglima TNI: Berikan Pelayanan Kesehatan Prajurit TNI dan Masyarakat Dengan Tersenyum

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke wilayah Malang, Jawa Timur, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, didamping Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto beserta Pejabat Teras Mabes TNI, menyempatkan diri mengunjungi Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen, Jl. S. Supriadi No. 22 Malang, Sabtu (24/2/2018).

Di hadapan para dokter dan tenaga medis lainnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa salah satu bentuk kesejahteraan prajurit TNI adalah jaminan kesehatan bagi prajurit dan keluarganya. Menurutnya, sejahtera itu bukan harus memiliki uang yang banyak, hidup sehat merupakan suatu kesejahteraan yang harus disyukuri. “Prajurit saya harus diberikan pelayanan kesehatan yang baik tanpa membedakan pangkat dan jabatan. Ingat penyakit tidak mengenal pangkat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa rumah sakit yang terkenal di luar negeri pun bukan karena peralatannya, tetapi yang terkenal adalah bagaimana cara melayani pasiennya dengan sapaan yang ramah dan tersenyum. “Untuk itu, dalam melayani kesehatan bagi anggota TNI maupun keluarganya serta masyarakat, layanilah dengan tersenyum,” katanya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap pelayanan di Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen terus ditingkatkan dan Kepala Rumah Sakit dapat menyampaikan kepada pihak-pihak terkait kalau masih kekurangan alat peralatan yang sangat diperlukan dalam pemberian layanan kesehatan. “Kita punya anggaran rutin APBN untuk anggaran kesehatan dan pemerintah pun sudah memikirkan untuk kesejahteraan prajurit,” ujarnya.

Di sisi lain, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa dalam kondisi Operasi Militer Selain Perang (OMSP), peran para dokter sangat diutamakan dan diperlukan dalam seluruh kegiatan, seperti mengatasi wabah penyakit yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua baru-baru ini. “Presiden RI Ir. H. Joko Widodo memberikan penghargaan dan bangga dengan kinerja yang telah dilakukan oleh Tim Dokter Satgaskes TNI di Asmat. Kalau sudah ditangani oleh TNI, semua pasti bisa diatasi,” ungkapnya.

“Saya perintahkan di Pusdik-Pusdik TNI, para dokter baru yang berpangkat Letnan Dua (Letda) itu langsung dikirim ke Asmat, sebulan dua bulan di sana, supaya mereka juga bangga sudah dikirim ke daerah operasi. Demikian juga bagi dokter-dokter Pegawai Negeri Sipil di lingkungan TNI, apabila diperlukan kita kirim ke Asmat,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Di sela-sela kunjungannya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto beserta rombongan, mengunjungi dan menyerahkan bingkisan kepada beberapa pasien yang sedang dirawat di Paviliun Melati Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen.

Artikel Terkait