Nasional

Gebrakan Kolinlamil Dalam Festival Danau Sunter

Oleh : luska - Minggu, 25/02/2018 11:39 WIB

Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Festival Danau Sunter yang digelar pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak lepas dari prakarsa Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Gebrakan Kotama TNI AL ini dalam mensukseskan perhelatan kali pertama di Jakarta dimeriahkan dengan olahraga air yang dimotori Kolinlamil, Minggu (25/2/2018)

Acara yang dihadiri ribuan masyarakat Jakarta ini digelar sejak pukul 05.30 WIB yang diawali dengan olahraga senam bersama. Acara paling ditunggu adalah pertandingan Renang antara Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Wagub DKI Sandiaga Uno berenang, sementara Susi bermain paddle board atau paddling sejauh 1 Kilometer. Berdasarkan pantauan Dispen Kolinlamil, area Danau Sunter berubah menjadi lautan manusia. Warga Jakarta mulai berkerumun di sekitar Danau Sunter, Jakarta Utara sejak Minggu (25/2) pagi, sekitar pukul 05.30 WIB. Masyarakat beramai-ramai memadati area tersebut, baik trotoar maupun jalan.

Kolinlamil dalam event yang rencananya akan menjadi kegiatan tahunan pemerintah DKI tersebut, terlibat dalam penyiapan seluruh kegiatan olahraga air seperti renang 91 orang pembuka acara yang berasal dari PRSI, KKP dan binaan Pemprov DKI. Perahu naga juga menjadi ikon dalam event itu karena Kolinlamil merupakan leading sector olahraga dayung.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yudo Margono, S.E. yang hadir dalam acara tersebut, mengatakan bahwa ramainya acara Festival Danau Sunter adalah berkat kerja keras seluruh instansi terkait yang tidak lepas dari kerjasama seluruh pihak dalam penataan Kawasan Danau Sunter yang hari ini terlihat indah dan nyaman untuk dijadikan kawasan wisata bagi masyarakat DKI Jakarta.

“Suksesnya acara FDS karena Kawasan ini telah ditata dengan baik dan ini adalah berkat sinergitas seluruh pihak yang terkait dalam penataan Kawasan Danau Sunter. Kini Danau Sunter telah menjadi kawasan untuk masyarakat DKI berolahraga khususnya olahraga air dan Kolinlamil siap membantu dalam memfasilitasi ini” tutur Panglima Kolinlamil.

Saat acara dimulai dengan penampilan marching band dari SMK Pelayaran Jalasena, petugas dari Satpol PP DKI Jakarta harus membuat barikade agar penampilan marching band tersebut tidak terhambat warga yang memenuhi ruas jalan.

Saat penampilan marching band berlangsung, warga dengan cepat mengangkat ponsel mereka untuk mengabadikan momen tersebut.

Setelah itu, MC Tina Talisa memanggil Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub DKI Sandiaga Uno untuk naik ke atas panggung utama.

Mereka bertiga menyampaikan sambutannya, Menteri KKP Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa dengan Festival Danau Sunter ini, agar dijadikan momentum untuk Provinsi DKI Jakarta membersihkan seluruh danau yang ada.

“Danau di Jakarta harus bersih dan harus gratis, jangan buang sampah sembarangan, kalau ingin wisata ke Danau tidak digratiskan akan ditenggelamkan” tandas Menteri KKP yang eksentrik ini.

Sedangkan Gubernur DKI Anies Baswedan menuturkan bahwa Danau Sunter harus bersih agar bisa dimanfaatkan warga jakarta untuk rekreasi. Dan Wagub DKI Sandiaga Uno mengharapkan Festival Danau Sunter harus menjadi event tahunan warga DKI, dan warga harus menjaga kebersihan kawasan Sunter.

“Kita putuskan Festival Danau Sunter menjadi event tahunan DKI Jakarta, tetapi kebersihannya harus terus terjaga, biar seperti Geneve di Swiss” ujar Wagub hobi berolahraga renang ini.

Informasi yang dihimpun Dispen Kolinlamil, Festival Danau Sunter akan berlangsung pukul hingga pukul 17:00 WIB.

Sejumlah acara lain juga bakal ditampilkan di sekitar danau di dalam kota ini, misalnya Balap sepeda, lomba lari, Futsal, Basket, Takraw, Donor darah, Bazaar Produk unggulan UKM Pemprov DKI, Food Court, hiburan artis (Wali dan Biangkerok) dan Pertemuan Nelayan.

Menurut rencana, Danau Sunter juga akan menjadi tempat sejumlah perlombaan berkaitan dengan kegiatan olah raga Asia, yakni Asian Games 2018.

Artikel Terkait