Percepat Mobil Listrik, Jonan Minta Kerja Sama Akademisi dan Industri

Oleh : very - Senin, 26/02/2018 09:33 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal mobil listrik Gesits, di ITS, Surabaya, Jumat (9/2/2018). (Foto: esdm.go.id)

Yogyakarta, INDONEWS.ID - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan pihaknya mendorong penuh pengembangan mobil listrik nasional. Karena itu, dia meminta seluruh elemen masyarakat untuk mendukung proyek tersebut.

"Begini, sebenarnya kita semua itu menginginkan adanya pengembangan mobil listrik nasional," kata Jonan kepada wartawan di Gedung Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Untuk merealisasikan pengembangan mobil listrik, lanjut Johan, pihaknya mendorong berbagai perguruan tinggi termasuk universitas ikut andil. Agar pengembangan mobil listrik nasional bisa segera terealisasi.

"Makanya saya juga mendorong ke ITS, ke UGM dan ke yang lain-lain itu kalau bisa (mobil listrik) dibuat di Indonesia. Ini saya dorong," ungkapnya seperti dikutip detik.com.

Untuk merealisasikannya, kata Johan, pihak kampus bisa bekerjasama dengan industri. Sebab, tanpa ada sokongan industri, maka kampus akan kesulitan dalam mengembangkan mobil listrik.

"Tolong ini teman-teman yang di dunia akademis bekerjasama dengan industri. Tidak bisa dunia akademis bangun (mobil listrik) sendiri besar-besaran," jelasnya.

Menurutnya, kerjasama antara pihak universitas dengan pihak industri sangat mungkin dilakukan. Bila terjalin kerjasama di antara keduanya, bukan tidak mungkin pengembang mobil listrik akan cepat terealisasi.(Very)

Artikel Terkait