Bisnis

Tumbuh 4 Persen Per Bulan, Jonan Optimistis Target Rasio Elektrifikasi 2019 Tercapai

Oleh : very - Rabu, 07/03/2018 12:01 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Capaian rasio elektrifikasi pada tahun 2017 sebesar 95,35% dari target 92,75% menjadi catatan penting dalam sejarah penataan sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Catatan tersebut membubuhkan peningkatan rasio elektrifikasi terbaik sepanjang sejarah dimana dalam setiap bulannya mampu tumbuh sebesar 4 persen sepanjang tahun. 

"Pertama kali dalam sejarah itu meningkatkan rasio elektrifikasi lebih dari 4% setiap bulan dalam setahun," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Ignasius Jonan pada acara Energy Talk: Mendongkrak Rasio Elektrifikasi di Energy Building Jakarta, Selasa (6/3).

Dengan capaian tersebut, Jonan optimistis target rasio elektrifikasi yang dicanangkan Pemerintah di akhir tahun 2019 sebesar 99,9% bakal terealisasi.

"Tahun ini targetnya 97,5%, saya yakin kalau speed manajemen PLN tetap gini mestinya lebih dari 97,5%. Karena targetnya kita coba revisi di akhir 2019 menjadi 99,9%," tutur Jonan.

Sejauh ini, masih ada masih ada sekitar 5% penduduk Indonesia tidak menikmati listrik. Untuk itu, Pemerintah fokus memberikan penerangan terutama di daerah 3T, yaitu tertinggal, terluar dan terdepan (3T). "Kalau tahun lalu kita fokus kepada produsen, tahun ini kepada konsumen," terang Jonan.

Untuk melistriki wilayah tersebut, imbuh Jonan, Pemerintah menghitung rasio elektrifikasi berdasarkan jumlah rumah bukan jumlah desa. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka menerangi rumah penduduk adalah melalui program pra elektrifikasi melalui pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), dimana tahun ini Pemerintah membidik 175.782 rumah tangga yang tersebar di 15 provinsi. (Very)

 

Artikel Terkait