Nasional

KPK Umumkan nama Calon Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan

Oleh : luska - Senin, 12/03/2018 09:45 WIB

Ilustrasi gedung KPK (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan 13 calon deputi bidang penindakan dan direktur penyidikan KPK.

Ketigabelas nama calon petinggi KPK tersebut berasal dari institusi Kepolisian Indonesia dan Kejaksaan Agung.

Nama-nama yang diumumkan KPK, yaitu Deputi bidang penindakan, calon dari polisi: Toni Harmanto, Firly, dan Abdul Hasyim Gani. Sedangkan dari Kejaksaan Agung: Feri Wibisono, Fadil Zumhana, Heffinur, Wisnu Baroto, Oktovianus, Tua Rinkes Silalahi, dan Witono.

Sedangkan untuk posisi direktur penyidikan, calon dari polisi: Edy Supriyadi, Andy Hartoyo, dan Djoko Poerwanto.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah,mengatakan pengungkapan kepada publik ke-13 calon petinggi KPK itu sebagai bentuk keterbukaan KPK kepada publik. KPK bersedia menerima masukan dari publik.

“Mohon masukan dari masyarakat sebagai bagian dari peran memperkuat upaya pemberantasan korupsi ke depan karena dua posisi yang akan diseleksi ini merupakan jabatan yang sangat penting bagi ikhtiar pemberantasan korupsi ke depan,” kata Febri, diGedung KPK, Jakarta, Minggu (11/3/2018)

Dikatakan Febri, ketigabelas calon petinggi KPK ini sebelumnya telah menempuh tes potensi, tes bahasa, uji penempatan kompetensi, tes kesehatan, dan wawancara dengan pimpinan KPK.

“Selain itu, ada proses peninjauan latar belakang, untuk memastikan calon pejabat itu memang memiliki latar belakang yang tepat. Hal ini sekaligus melihat faktor-faktor yang memiliki risiko integritas ke depan saat bertugas,” katanya.

“Karena bekerja di lembaga antikorupsi haruslah whiter than white,” pungkasnya. (Lka)

Artikel Terkait