Nasional

Ray Rangkuti: Kriteria Cawapres Jokowi Harus Seorang Eksekutor, Loyal dan Profesional

Oleh : very - Senin, 12/03/2018 17:38 WIB

Ray Rangkuti. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Beredar sejumlah nama bakal calon wakil presiden yang disandingkan dengan Joko Widodo. Sebut saja di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Dari kalangan profesional muncul pula nama Rizal Ramli.   

Siapa calon yang pantas mendampingi Jokowi? Serta apa kriteria pendamping calon incumbent tersebut?

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, cawapres Jokowi harus seorang tokoh yang kuat dalam eksekusi, loyal, professional, dan utamanya sejalan dan seiring dengan visi sang Presiden.

"Jika Jokowi percaya pada makin tingginya elektabilitas dirinya yang makin solit dikejar oleh pesaing lainnya, maka Jokowi cukup mengambil Cawapres yang kuat dalam eksekusi, loyal, professional, dan utamanya sejalan seiring dalam visi. Figur itu ada pada Rizal Ramli," ujar Ray seperti dikutip Tribunnews.com, beberaa waktu lalu.

Ray mengatakan, Jokowi dan Rizal Ramli menurut dapat menjadi pasangan yang kuat dengan visi yang sama dan sama-sama eksekutor yang handal.

"Kelebihan lain RR adalah juga pemikir di bidang ekonomi kesetaraan," kata Ray.

Namun, kata dia, jika kurang yakin terhadap elektabilitasnya, Jokowi dapat mengambil Cawapres dari kalangan santri.

"Sebab tantangan elektabilitas Jokowi ada pada isu SARA," ujarnya.

Seperti diketahui, sejumlah partai politik kembali mengusung Jokowi di pilpres 2019 mendatang. Beberapa partai tersebut yakni, PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, Partai Golkar, dan PPP. Namun, sejauh ini, nama cawapres pendamping Jokowi masih terus digodok.

Presiden Jokowi mengaku saat ini partai pendukungnya maupun tim internal sedang melakukan penggodokan, hingga pematangan kriteria yang pantas untuk menduduki posisi wakil presiden.

"Semua masih dalam proses, baru penggodokan, pematangan baik partai-partai maupun tim internal saya‎," ujar Jokowi usai meresmikan pabrik bahan baku obat dan produk biologi PT Kalbio Global Medika (KGM) di kawasan Delta Silikon 3 Lippo Cikarang, Selasa (27/2/2018)‎.

Meskipun sudah mematangkan kriteria, namun Jokowi bersama timnya belum menentukan nama-nama calon wakil presiden. (Very)

Artikel Terkait