Nasional

Dinilai Berhasil, Kebijakan Ganjil Genap To Jakartal-Cikampek Dilanjutkan

Oleh : hendro - Minggu, 18/03/2018 17:01 WIB

Ilustrasi kebijakan ganjil genap tol jakarta cikampek (istimewa)

Bekasi, INDONEWS.ID  -  Dinilai berhasil menekan  kepadatan kendaraan di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, Pemerintah akan tetap melanjutkan paket kebijakan Ganjil Genap di pintu tol Bekasi.

"Jadi kita akan lanjutkan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya sumadi usai melakukan rapat evaluasi di Posko Green Line di Mega City Bekasi, Bekasi Barat, Minggu (18/3/2018).

Menurut Budik, dengan diberlakukannya kebijakan Ganjil Genap di pintu tol Bekasi lalu lintas turun 36 persen.  "Lalu lintas turun hingga 40 persen. Satu jumlah yang sangat mengembirakan. Dan dengan itu membuat kecepatan dari kendaraan itu naik 22 persen. Jadi ini korelasi langsung. Menurun dan lebih cepat," ungkap Budi.

Namun keberhasilan penurunan kepadatan mobil dijalan tol tidak sebanding dengan masyarakat yang menggunakan transportasi umu.  Budi menilai, peralihan  masyarakat yang menggunakan transportasi umum atau khususnya bus premium, hanya 30 persen dari occupancy 48 bus yang disediakan. Angka ini belum maksimal.

Karena itu, Budi berharap bisa membuat masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Makanya, pihkanya Kemenhub akan terus mendorong perbaikan pelayanan kendaraan umum untuk mengakomodasi perpindahan tersebut.

Sedangkan ,dari truk yang masuk ke tol Bekasi, tamah Budi, justru jumlahnya menurun hingga 64 persen. (hdr)

Artikel Terkait