Nasional

Polisi Berhasil Ungkap Jenis Peretas di Indonesia

Oleh : hendro - Senin, 19/03/2018 15:23 WIB

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID – Kepolisian Republik Indonesia berhasil mendeteksi sejumlah jenis karakteristik peretas atau hacker yang ada di Indonesia. dari yang hanya sekadar iseng hingga menguji kemampuan saja.

"Yah memang ada beberapa jenis karakteristik diantaranya adalah memang mereka iseng untuk menguji kemampuan," ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, InspekturSetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2018).

Setyo menjelaskan, karakteristik ini, tidak memikirkan motif ekonomi. Dengan bisa membobol situs tertentu mereka mendapatkan kebanggaan tersendiri.

Untuk itu,Setyo  mengimbau agar  dalam menghadapi karakteristik ini perlu adanya edukasi bahwa apa yang dilakukan melanggar hukum.

"Kami lihat apakah keisengan mereka ini buat berdampak luas apa tidak. Banyak yang mempunyai keahlian mereka mampu memasuki pengamanan ini tapi hanya ingin mencoba membobol situs tertentu. Kalau berhasil dia sangat bangga. Ini perlu diedukasi lagi bahwasanya ini melanggar hukum," katanya.

Karakteristik berikutnya, kata Setyo, adalah bermotif ekonomi. Jenis peretas ini,melakukan upaya tertentu untuk mendapatkan keuntungan finansial dari pihak yang dirugikan. Untuk motif ekonomi dengan tujuan dan modus kejahatan, dipastikan akan dikenai pidana. Misalnya, yang dilakukan oleh kelompok Surabaya Black Hat. "Untuk kelompok Surabaya Black Hat motifnya ekonomi," ungkapnya.(hdr)

Artikel Terkait