Chief Hydrographer India Kunjungi PUSHIDROSAL

Oleh : hendro - Selasa, 20/03/2018 21:55 WIB

Chief HYDROGRAPHER India saat berkunjung ke PUSHIDROSAL

Jakarta, INDONEWS.ID - Chief Hydrographer India Vice Admiral Vinay Badhwar mengunjungi Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan diterima langsung oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro di Anjungan Utama Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Selasa(20/3/2018).

Kunjungan Chief Hydrographer India yang didamping oleh dua staff dari Angkatan Laut India bertujuan  untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara terutama dalam bidang hidrografi. 

Peristiwa ini merupakan sejarah, karena merupakan kali pertama seorang pimpinan kantor hidrografi India mengunjungi Indonesia utamanya Pushidrosal.

Pada kesempatan tersebut Kapushidrosal mengucapkan terima kasih atas dukungan India, sehingga Pushidrosal yang merupakan wakil pemerintah Indonesia dalam bidang hidrografi di kancah Internasional dapat bergabung dalam North Indian Hydrographic Commission (NIOHC). 

Bergabungnya  Pushidrosal dalam NIOHC tersebut berdasarkan pada letak geografis Indonesia yang berada diantara Samudera India dan Samudera Pasifik. Dengan posisi geografis tersebut Indonesia juga memiliki tanggung jawab yang sama dengan negara-negara yang berada di wilayah Regional Samudera India untuk dapat menyediakan data hidro-oseanografi yang terkini untuk mendukung keselamatan bernavigasi. 

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Vice Admiral Vinay Badhwar mengharapkan agar dapat meningkatkan hubungan baik kedua negara utamanya dalam bidang hidrografi dan juga saling berbagi pengalaman dalam konteks capacity building, serta menyampaikan keinginan untuk dapat meningkatkan kerjasama antar kantor Hidrografi dalam aspek peningkatan sumber daya manusia khususnya adopsi teknologi terkini.


Kunjungan Delegasi India tersebut dilanjutkan dengan meninjau beberapa bagian Pushidrosal, di antaranya melihat proses pengolahan data peta di Dispeta, meninjau fasilitas Hydrographic Data Centre (HDC) yang merupakan embrio dari  Indonesian Marine Geospatial Information Center (IMaGIC), serta mengunjungai Pusat Pendidikan Hidro-Oseanografi (Pusdikhidros). (Hdr)

Artikel Terkait