Nasional

MPR Gelar Sidang Paripurna Lantik 3 Wakil Ketua MPR Tambahan

Oleh : luska - Senin, 26/03/2018 14:40 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - MPR RI menggelar sidang paripurna pelantikan tiga Wakil Ketua MPR baru, yaitu Ahmad Basarah dari F-PDIP, Ahmad Muzani dari F-Gerindra, dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari F-PKB.

Tepat pukul 13.30, Sidang Paripurna digelar di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/3/2018). Sidang Paripurna dipimpin oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Sebelum memulai sidang, Zulkifli kepada wartawan menjelaskan bahwa tiga pimpinan MPR tambahan hasil revisi Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3) akan resmi dikukuhkan lewat pelantikan siang ini sesudah Sidang Paripurna.

Ketiga politikus yang terpilih jadi Wakil Ketua MPR tambahan ini merupakan politikus terbaik di setiap partainya, untuk itu, Zulkifli berharap ketiganya dapat membantu meningkatkan kinerja MPR.

"Kita berharap dengan penambahan pimpinan MPR ini bisa membuat memperkuat ya tugas-tugas kita di MPR, apa lagi menghadapi tahun politik perkembangan situasi berbangsa bernegara kita saat ini yang itu penting sekali menambah kekuatan," kata Zulkifli.

Pelantikan pimpinan MPR baru disepakati dalam rapat gabungan antara MPR dan perwakilan DPD pada Kamis (22/3) lalu. Pada prosesnya, PPP berkeberatan dengan jatah Cak Imin yang menurut mereka merupakan hak PAN, jika mengacu pada perolehan suara Pemilu 2014.

PPP pun melalui ketua fraksi mereka di MPR, yaitu Arwani Thomafi, menyatakan tak akan bertanggung jawab dengan pelantikan tersebut. Dikonfirmasi hari ini, Arwani menyatakan F-PPP tak akan hadir dalam pelantikan pimpinan MPR yang baru.

"Kita hormati kan haknya demokrasi begitu," sebut Zulkifli.

Ketegasan PPP ini kemudain dibuktikannya lewat ketidakhadiran partainya dalam Sidang Paripurna ini. Hal tersebut terlihat dari dalam absensi para anggota dewan.

Berikut absen sidang paripurna MPR hari ini, Senin (26/3/2018) :

Fraksi PDIP: 73 dari 109 anggota

Fraksi Partai Golkar: 40 dari 91 anggota

Fraksi Partai Gerindra: 51 dari 73 anggota

Fraksi Demokrat: 28 dari 61 anggota

Fraksi PAN: 16 dari 48 anggota

Fraksi PKB: 45 dari 47 anggota

Fraksi PKS: 21 dari 38 anggota

Fraksi PPP:tidak hadir

Fraksi NasDem: 4 dari 36 anggota

Fraksi Hanura: 8 dari 16 anggota

Kelompok DPD: 17 dari 132

Jumlah anggota MPR yang hadir: 303

Jumlah total keseluruhan anggota MPR adalah 690 anggota.

Berarti yang tidak hadir adalah setengah dari jumlah total anggota dewan yang terhormat. (Lka)

Artikel Terkait