Nasional

Korem 143/Haluoleo Gelar 2 TMMD Pada April 2018

Oleh : luska - Sabtu, 07/04/2018 03:08 WIB

Danrem 143/Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman

Konawe Utara, INDONEWS.ID - Komando Resort Militer (Korem) 143/Haluoleo, Kodam XIV/Hasanuddin sebagai satuan teritorial tingkat resort militer di Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar dua kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) sepanjang April 2018 ini. Pertama, TMMD Reguler ke-101 T.A 2018 yang mengambil lokasi di wilayah Kodim 1416/Muna, tepatnya di Desa Marobea, Kecamatan Sawarigadi, Kabupaten Muna Barat. Pembukaannya dilakukan oleh Wakil Bupati Muna Barat, Achmad Lamani, didampingi Danrem 143/Ho Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman.

Sementara, TMMD Imbangan yang dilaksanakan di Pulau Labengki, Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara yang masuk dalam wilayah Kodim 1417/Kendari. Pembukaannya dilaksanakan secara bersamaan dengan TMMD reguler Muna Barat, dilakukan oleh Bupati Konawe Utara, Dr. Ruksamin, didampingi oleh Dandim 1417/Kendari Letkol Kav. Eko Hermawan Yuniarso.

Dalam wawancaranya dengan media Via Telepon Danrem 143/Ho Kolonel Arm Dedi Nurhadiman menjelaskan, kedua TMMD tersebut waktunya dilaksanakan secara bersamaan. 

“TMMD Reguler merupakan program komando atas yang sudah ditentukan waktunya, satuannya dan anggaran operasionalnya. Sedangkan TMMD Imbangan merupakan inisiatif satuan bawah yang dilaksanakan bersamaan dengan TMMD Reguler, guna mengimbangi program TMMD Reguler, tanpa dukungan anggaran operasional dari komando atas,” jelas Danrem 143/Ho Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman.

Lebih lanjut Danrem 143/Ho menerangkan, TMMD Reguler ditentukan urutannya, seperti TMMD ke-101 dan seterusnya, dimana satuan yang ditunjuk secara berurutan masing-masing Korem. Sedangkan TMMD Imbangan tidak ada urutannya, tergantung satuan bawah yang berinisiatif untuk melaksanakannya, sesuai kebutuhan wilayah. Atau, bisa juga atas permintaan dari pemerintah daerah setempat kepada satuan teritorial terkait, untuk melaksanakan program pembangunan di daerah melalui TMMD.

“TMMD Reguler direncanakan minimal 2 tahun sebelumnya oleh Kodim yang ditunjuk. Sedangkan TMMD imbangan direncanakan cenderung singkat, karena pertimbangan wilayah melalui Pemda untuk dilaksanakan TMMD oleh Kodim setempat,” tandas arbituren Akmil 1991.

Sementara itu, Kapenrem 143/Ho Mayor Inf. Azwar Dinata menambahkan, baik TMMD Reguler maupun TMMD Imbangan sama-sama memiliki sasaran fisik dan non-fisik. Untuk TMMD Reguler ke-101 di wilayah Kodim 1416/Muna memiliki 18 sasaran fisik di Kabupaten Muna Barat, di antaranya pembuatan pagar SDN 1 Lawa di Desa Latugho, pembuatan areal parkir wisata di Desa Latugho dan pembangunan drainase lingkungan di Desa Sukadami Labokolo. Sedangkan sasaran non-fisik yang akan dilaksanakan antara lain, penyuluhan tentang Buta Aksara, bela negara, sosialisasi bahaya HIV/AIDS, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB).

“Sedangkan TMMD Imbangan ke-101 di wilayah Kodim 1417/Kendari memiliki 9 sasaran fisik, di antaranya rehabilitasi puskesmas pembantu, rehabilitasi sekolah dasar dan pembangunan homestay desa wisata. Serta ada pula sasaran non-fisik yang relatif sama dengan TMMD Reguler,” tandasnya.

Sebagai informasi, TMMD 101 REGULER DILAKSANKAN KODIM 1416/MUNA DI KABUPATEN MUNA BARAT, SASARANNYA :

Sasaran Fisik : ada 18 sasaran fisik yang tersebar di 8 (delapan) Kecamatan di wilayah Kab. Muna Barat. Adapun 18 sasaran fisik yang akan dikerjakan tersebut yaitu ;
2 proyek di Kec.Lawa, yaitu pembuatan pagar SDN 1 Lawa di Desa Latugho dan pembuatan areal parkir wisata di Desa Latugho.
2 Proyek di Kec.Barangka, yaitu pembuatan pagar SDN 10 barangka di Desa Barangka dan pembuatan pagar SDN 9 Barangka di Desa Barangka.
2 Proyek di Kec.Tiworo Tengah yaitu pembuatan pagar SDN 3 Tiworo Tengah Desa Suka Damai dan pembangunan drainase lingkungan di Desa Sukadami Labokolo.
4 proyek di Kec.Kusambi, pembuatan pagar SDN 7 Kusambi di Desa Kusambi dan pembuatan pagar SDN 7 Sawergadi di Desa Sawergadi, Tugu pesawat desa Kusambi dan pembuatan jembatan perahu muara.
1 proyek di Kec.Napano Kusambi, pembuatan pos PAD Takumaho di Desa Takumaho.
3 proyek di Kec.Wadaga, pembuatan pos PAD Lindo di Desa Lindo, pembuatan pagar SMP 2 wadaga, Pembuatan pagar SD 8 Wadaga,
2 proyek di Kec.Tiworo Kepulauan, yaitu pembuatan pagar SDN 4 Tikep di Desa Tikep dan SMP 1 Tikep.

Sasaran Non Fisik
1. penyuluhan tentang Buta Aksara,
2. sosialisasi bahaya HIV/AIDS,
3. penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan
4. Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB),
5. Penyuluhan Bahaya ISIS,
6. penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan,
7. penyuluhan Bela Negara; dan
8. penyuluhan tentang Hukum.

TMMD IMBANGAN LABENGKI KONAWE UTARA DI LAKSANAKAN OLEH KODIM 1417/KENDARI, SASARANNYA :

Sasaran fisik terletak di Lasolo Kepulauan meliputi:

1. Rehabilitasi Puskesmas Pembantu 1 unit Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
2. Rehabilitasi Sekolah Dasar 1 unit Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
3. Pembangunan jalan pedesan Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
4. Pembangunan pagar Sekolah Dasar 1 unit Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
5. Pembuatan tempat penampungan sampah Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
6. Pembuatan lapangan bola volley Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
7. Pembuatan jalan lingkungan Desa Wisata Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
8. Rehabilitasi rumah penduduk 20 unit Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.
9. Pembangunan Homestay Desa Wisata Desa Labengki Kec. Lasolo Kepulauan Kab. Konut.

Sasaran non fisik terletak di Kec. Lasolo Kepulauan meliputi:

1. Penyuluhan tentang Pancasila
2. Penyuluhan tentang Kamtibmas
3. Penyuluhan tentang Kesehatan dan KB
4. Penyuluhan tentang Narkoba
5. Penyuluhan tentang Pemberdayaan sumber daya laut.

(Lka)

Artikel Terkait