Bisnis

PNM Cabang Jambi Gelar Pelatihan Pemasaran Online

Oleh : very - Sabtu, 14/04/2018 11:56 WIB

Peserta pelatihan pengembangan usaha cabang Jambi beserta pendamping. (Foto: Jambiupdate.co).

Jambi, INDONEWS.ID - Dalam rangka meningkatkan pemasaran usaha UMKM dengan mengikuti perkembangan digital era saat ini, maka PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Jambi mengadakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha.

Pelatihan ini memfokuskan pada pemasaran online penghasilan usaha mikro agar terus meningkat.

Kegiatan ini dihadiri oleh 98 peserta nasabah UlaMM dan pelaku usaha Kota Jambi, di Resto Bumbu Desa Jalan Gatort Subroto Pasar Jambi, Kamis (12/4/2018). Hadir pada acara tersebut Kepala Bagian Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PNM Pusat, Andi Irnawati.

Sementa itu, EVP Pengembangan Kapasitas Usaha PNM, Hendrik Riwu Kore, mengatakan, melalui UMKM masyarakat Indonesia dituntut untuk lebih kreatif, baik dalam menciptakan produk hingga memasarkan produk.

Dari jutaan UMKM di Indonesia hanya sebagian kecil saja yang baru menetapkan strategi pemasaran online UMKM. Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai cara mamasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya melalui internet.

“Melalui pemasaran online ini jangkauan menjadi lebih luas dan tidak terbatas. Konsumen dapat menemukan produk UMKM dimanpun mereka berada selama terdapat internet untuk mengaksesnya. Pemasaran secara online ini memberikan kemudahan yang lebih banyak untuk konsumennya. Diantaranya kemudahan dalam membeli barang, pembayaran, dan pelaggan tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke toko,” jelasnya.

Pada sambutannya, Pemimpin PNM Cabang Jambi, Setya Joko Santoso menyampaikan, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah meningkatkan penghasilan usaha, jangkauan promosi usaha lebih luas, efisiensi biaya promosi, membangun, serta hubungan dengan memamfaatkan media sosial.

“Selain itu mendukung pengembangan kemampuan peserta dalam melakukan pemasaran produk secara online dan juga mendukung terbentuknya UMKM yang profesional, inovatif dan berdaya saing tinggi dalam usaha dunia,” ujarnya.

Pelatihan menghadirkan nasarasumber dari Koordinator Humas Asosiasi UMKM Muaro Jambi, Fasilitator Champion Leadership Center Indonesia, dan juga sebagai Owner dari Khodijah Hijab yaitu Khodijah Harapan, SPd.

Melalui fasilitas dan sosialisasi akses permodalan UMKM merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukkan bagi UMKM. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen.

Sebagaimana diketahui bahwa PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalu pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemn kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberi pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program PKU memberi pelatihan, pendampingan serta jasa manajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaga pembiayaan yang lainya.

Artikel Terkait