Nasional

Data Pengguna, DPR Panggil Manajemen Facebook Indonesia

Oleh : luska - Selasa, 17/04/2018 12:31 WIB

Ketua Komisi I Abdul Kharis. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Terkait bocornya data Facebook, Komisi I DPR memanggil manajemen Facebook Indonesia untuk Rapat Dengar Pendapat.

"Jadi rapat, udah lengkap. Kemarin pihak Facebook udah kirim bahan," kata Ketua Komisi I Abdul Kharis di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Menurut Kharis, Komisi I akan menanyakan beberapa hal kepada Facebook. Selain itu, rapat juga akan berlangsung secara terbuka. "Iya, mereka akan kami minta presentasi dulu. Terbuka nanti rapatnya," tambah dia.

Komisi I DPR, lanjut Haris, perlu mendapatkan gambaran dan risiko terjadinya kebocoran data tersebut sebelum menentukan langkah tindak lanjut untuk mengatasi masalah.

Dalam kesempatan yang sama anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan pemanggilan ini untuk mendengarkan secara langsung dari Facebook Indonesia apakah sama dengan kejadian pada Facebook USA beberapa waktu lalu.

"Pertama kita di komisi ingin memastikan kejadian di USA seperti kasus penyalahgunaan data user FB oleh Cambridge Analytical untuk pemilu, apakah terjadi di Indonesia?" jelas Bobby Adhityo Rizaldi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kedua, lanjut dia, langkah-langkah Facebook untuk mencegah kejadian tersebut tidak berulang, khususnya di Indonesia.

Selain itu pihaknya ingin mengetahui sejauh mana progress pembayaran pajak FB terhadap komersialisasi produk-produknya di Indonesia. (Lka)

Artikel Terkait